Kompas TV regional sulawesi

Akibat Kemarau, Sejumlah Harga Bumbu Dapur Naik

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 16:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

KOTAMOBAGU, KOMPAS.TV- Harga sejumlah bumbu dapur di Pasar Tradisional 23 Maret kota Kotamobagu-Sulawesi Utara mengalami kenaikan cukup signifikan terjadi pada cabai rawit yang mencapai 80 ribu rupiah hingga 90 ribu rupiah per kilo gram dari harga sebelumnya 60 ribu rupiah perkilogramnya, sedangkan untuk cabai rawit yang sudah di bersihkan dari tangkainya dijual pedagang 90 ribu rupiah perkilo gram.

Cabe keriting sebelumnya 30 ribu rupiah perkilo gram naik menjadi 60 ribu rupiah perkilo gramnya, demikian pula dengan harga bumbu dapur lainnya seperti tomat, daun bawang, bawang merah, bawang putih dan jeruk ikan juga ikut naik.

Para pedagang mengaku, kenaikan harga ini terjadi akibat musim panas sehingga hasil panen petani kurang dan berdampak pada kekurangan stok dipasaran yang terjadi sejak tiga bulan terakhir, sehingga untuk memenuhi stok agar tetap ada pedagang membeli dari petani di modoinding Minahasa Selatan.

Naiknya harga bumbu dapur akibat kurangnya stok dikeluhkan oleh para pedagang, sebab sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat yang biasanya beli perkilo gram kini tinggal seperempat kilogram.

#kompastvmanado #elnino #caberawitmahal

Rahman Rahim Kompas tv Kotamobagu

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x