Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Gedung Mangkrak di Tambak Lorok Difungsikan Jadi Faskes

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 14:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pembentukan Kampung Bahari Nusantara ini sebagai bentuk dukungan TNI AL terutama Lanal Semarang kepada Pemerintah Kota Semarang. Dukungan ini yakni berupa peningkatkan daerah maritim serta memajukan masyarakat pesisir.

Kampung Bahari Nusantara pada Tambak Lorok ini dibentuk tiga klaster, yakni klaster kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Pada klaster kesehatan, salah satu upaya yang dilakukan Lanal Semarang yakni mendirikan pos kesehatan yang akan dibantu oleh petugas kesehatan dari TNI AL dan Puskesmas Bandarharjo.

“Untuk klaster Kesehatan pertama kita mendelegasikan supaya di daerah-daerah pesisir ini mempunyai puskesmas,” ujar Kapten Laut (P) Mohammad Risya Fahlevi, Pjs Perwira Staf Potensi Kemaritiman (Paspotmar).

Lurah Tajung Mas, Sony Yudha P. Pradana, bersyukur dengan adanya bantuan dari Lanal Semarang ini, sebab dampaknya luar biasa. Sebelumnya gedung ini mangkrak karena selalu terendam rob, namun kini bisa kembali digunakan, bahkan masyarakat tak perlu jauh-jauh untuk memeriksakan Kesehatan, karena sudah terdapat faskes ini.

“Untuk Pos pelayanan terpadu yang tadinya tidak bisa digunakan, Alhamdulillah sekarang bisa digunakan kembali sehingga Masyarakat tidak perlu jauh lagi untuk berobat dan memeriksakan dirinya. Jadi kita sangat terbantu dan masyarakat sangat bahagia,” kata Sony Yudha P. Pradana.

Sementara pada klaster pendidikan Lanal Semarang menyediakan berbagai buku pendidikan setingkat SD hingga SMP di pos kesehatan yang juga pondok belajar warga ini. Pada kesempatan ini, Lanal Semarang memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warga setempat, mulai dari balita hingga lansia. Bahkan balita dan anak-anak diberikan vitamin tambahan oleh Lanal Semarang.

#kampungbaharinusantara #tnial #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x