Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pengamat: Power Keluarga Jokowi

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 14:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dalam pandangannya terhadap iklim politik Indonesia yang kian hari kian memanas, Teguh Yuwono, pengamat politik dari Universitas Diponegoro, Kota Semarang, berpendapat bahwa Joko Widodo merupakan sosok yang kuat dan berpengaruh dalam kontestasi politik. Meskipun sudah menjabat selama dua periode, nama besar Joko Widodo berperan besar dalam pergerakan kedua anaknya untuk terjun ke dunia politik. Sehingga ia bisa berpotensi untuk membangun kekuatan politik baru dengan anggota keluarganya, meskipun berbeda-beda pilihan partai.

“Apakah ini dinasti politik, menurut saya ini bagian dari proses bagaimana keluarga Jokowi aktif dalam kehidupan politik dimana tidak harus dalam satu partai, nah ini yang saya kira menjadi menarik ya. Selama ini orang kalau istilah dinasti politik merujuk pada partai yang sama nah ini kan partainya beda-beda. Dan nampaknya Presiden Jokowi memberikan kebebasan kepada anak-anaknya, seperti itu. Terkait kedepan menurut saya politik figure itu tetap kuat,” tutur Teguh.

Namun, di tengah kontestasi politik yang semakin memanas ini, posisi Joko Widodo sedikit banyak menentukan arah politik di Indonesia.

#jokowidodo #politikindonesia #semarang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x