Kompas TV regional papua maluku

Berikut Penyebab Keluarnya Semburan Gas Dari Sumur Milik Warga di Jayapura

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 15:37 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Pasca temuan semburan gas yang keluar dari sumur warga di Kampung Bugis, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura pekan lalu, pemerintah Kota Jayapura menurunkan tim untuk melakukan penelitian terhadap semburan gas tersebut.

Tim yang berasal dari fakultas teknik Universitas Cenderawasih bersama dinas pertambangan Provinsi Papua dan dinas lingkungan hidup Kota Jayapura ini akan bekerja memastikan bahaya atau dampak dari gas tersebut.

Selama proses penelitian dilakukan, warga diminta untuk tidak mendekati lokasi semburan gas. Bahkan warga yang bermukim di sekitar lokasi diungsikan sementara.

Sementara itu, dosen teknik geofisika Universitas Cenderawasih, Bangkit Sudrajad mengatakan, keluarnya semburan gas ini terjadi karena lapisan lempung yang selama ini menahan gas dirusak sehingga keluar semburan gas dari dalam bumi.

Semburan gas yang keluar tidak berbahaya, namun air sumur yang digali tak bisa dikonsumsi oleh masyarakat karena mengandung gas. Sehingga untuk sementara waktu semburan gas itu ditutup dengan material yang tidak tertembus gas.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x