Kompas TV regional jawa barat

Siswa SD Bikin Kerajinan Dari Barang Bekas

Kompas.tv - 3 November 2023, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Sejumlah pelajar sekolah dasar di Bandung manfaatkan barang bekas menjadi beragam kerajinan unik, selain melatih keterampilan untuk mengasah problem solving, kegiatan daur ulang barang bekas ini, sekaligus melatih kepedulian terhadap lingkungan di sekitar sejak usia dini.

Dengan penuh semangat para siswa dan siswi secara berkelompok merancang desain dan membuat project dari barang bekas. Berbekal peralatan sederhana para siswa merangkai satu demi satu barang bekas menjadi barang yang bermanfaat.

Didampingi  guru para siswa kelas 4 dan 5 SD,  dengan terampil manfaatkan  barang bekas untuk menjadi beragam kerajinan seperti kelompok siswi, mereka manfaatkan botol kemasan air mineral bekas menjadi pot bunga untuk mencegah erosi tanah.

Project daur ulang barang bekas ini merupakan bagian dari melatih kemandirian para siswa sekolah dasar Darul Hikam integrated school primary, dalam rangkaian  kegiatan sciencetechnology engineering and mathematic atau stem.

Sementara itu hasil kreasi kerajinan dari barang bekas ini rencananya akan dipamerkan di sekolah. Tak hanya membuat kerajinan dari barang bekas dalam kegiatan stem camp ini para siswa dilatih kemandirian, dan keberanian serta kerjasama kelompok sambil berkemah di alam terbuka  di kawasan bandung barat.

Meski berkegiatan di alam terbuka para siswa juga tak luput dari pembelajaran pratek ibadah,  seperti shalat 5 waktu, serta menghapal al quran.

Melalui kegiatan stem camp ini diharapkan para siswa mampu mengasah kemandirian dan mengembangkan high order thinking skills.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x