Kompas TV regional papua maluku

Lewat Program TNI AD Manunggal Air, TNI Bangun 44 Titik Air Bersih di Wilayah Papua

Kompas.tv - 18 November 2023, 23:55 WIB
lewat-program-tni-ad-manunggal-air-tni-bangun-44-titik-air-bersih-di-wilayah-papua
Kran air di rumah salah seorang warga Kelurahan Tampa Garam, Kota Sorong, Papua Barat Daya. (Sumber: Tribunsorong.com / PETRUS BOLLY LAMAK)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - TNI membangun 44 titik air bersih di wilayah Papua yang tersebar di wilayah Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Intan Jaya dan di Merauke. Hal ini merupakan realisasi dari program TNI AD Manunggal Air.

Prajurit TNI dari Kostrad melaksanakan program TNI AD Manunggal Air dengan melaksanakan pembuatan dan  membangun titik-titik air bersih  di Wilayah Papua, Jumat (17/11/2023).

Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menentukan pembuatan sumber air bersih berdasarkan permintaan dari tokoh adat atau masyarakat setempat. 


Baca Juga: Warga Belu NTT Kesulitan Air Bersih di Puncak Musim Kemarau, Sumur Bor jadi Tumpuan!

Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada 44 titik air bersih di Papua. Total jumlah penerima manfaat dari air bersih di wilayah Papua kurang lebih 12.687 Kepala Keluarga (KK) atau 31.991 jiwa.

"Semuanya dikerjakan oleh Prajurit Kostrad terlatih berkolaborasi dengan masyarakat dan aparat teritorial setempat," kata Hendhi.

Secara total, sebanyak 825 titik air bersih sudah dibangun oleh TNI di Indonesia dengan jumlah penerima manfaat air bersih sebanyak 191.857 Kepala Keluarga (KK) atau 562.602 jiwa dari Aceh sampai Merauke.

Junickson Matu, salah satu warga Sorong, menyampaikan terima kasih dengan adanya program TNI AD Manunggal Air karena mendukung kehidupan harian masyarakat.

“Selama ini kami memang kesulitan air. Kami mau ambil air saja harus mendayung sejauh dua kilo jaraknya, tetapi hari ini, di tahun ini sangat senang dengan adanya bantuan TNI AD Manunggal air telah menolong dan membantu kami sehingga hidup kami lebih berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya, sekali lagi kami mengucap syukur dan terima kasih kepada bapak KASAD dan Pangkostrad,” kata Junickson.

Baca Juga: Kolam Retensi Terdampak Kemarau, PDAM Tirta Pinang Terkendala Distribusi Air Bersih

Program TNI AD Manunggal Air ini merupakan implementasi dari perintah Panglima TNI, Kasad, dan Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, serta membantu program pemerintah dalam menurunkan angka stunting di wilayah Papua.

Melalui program ini, TNI berkomitmen untuk dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Papua. Sebab, pembuatan sumber air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat.

Harapannya, masyarakat dapat menggunakan sumber air bersih dalam aktivitas sehari-hari sehingga kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan. 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x