Kompas TV regional jawa barat

Senyuman Yosep saat Rekonstruksi Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Pengacara: Berusaha Tenang

Kompas.tv - 22 November 2023, 16:12 WIB
senyuman-yosep-saat-rekonstruksi-pembunuhan-ibu-dan-anak-di-subang-pengacara-berusaha-tenang
Tersangka Yosep tampak tersenyum saat proses rekonstruksi pembunuhan ibu dan anak di Subang, Jawa Barat, Rabu (22/11/2023). (Sumber: Tribun Jabar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

SUBANG, KOMPAS.TV - Yosep Hidayah, salah satu tersangka pembunuhan ibu dan anak di Subang, dihadirkan ke tempat kejadian perkara (TKP) dalam proses rekonstruksi yang digelar hari ini, Rabu (22/11/2023).

Yosep hadir dengan mengenakan baju tahanan warna biru dan topi warna merah. Dalam beberapa adegan yang diperagakan, tampak Yosep yang tersenyum dan santai menjalani rekonstruksi.

Ia juga tersenyum ke arah kamera awak media maupun warga yang hadir. Saat petugas mengarahkan dirinya untuk melakukan sejumlah adegan, Yosep juga tampak santai.

Baca Juga: Jadi Tersangka Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Mimin dan Dua Anaknya Ajukan Praperadilan

Pengacara Yosep Hidayah, Rohman Hidayat, menjelaskan alasan kliennya tersenyum. Menurutnya, Yosep tengah berusaha untuk tenang dalam menjalani proses rekonstruksi.

“Saya pikir, kalau orang bersalah tidak akan pernah santai. Tapi Pak Yosep berusaha setenang mungkin karena memang dia tidak pernah melakukan seperti yang dilakukan Danu,” kata Rohman saat ditemui di lokasi rekonstruksi di Subang, Rabu.

Ditanya soal kondisi kesehatan kliennya, Rohman mengatakan bahwa Yosep dalam keadaan yang sehat dan baik.

Namun demikian, ia mengatakan bahwa kondisi psikologis Yosep dalam kondisi tertekan karena statusnya sebagai tersangka dan ditahan.

“Bagaimanapun juga, ada tekanan massa seperti ini, tapi kami yakin, masyarakat masih objektif. Toh ujungnya kan bukan keputusan masyarakat. Putusan pengadilan nanti,” jelas ia, seperti dikutip dari Tribun Jabar.

Rohman juga menambahkan bahwa pihaknya masih membantah keterangan Danu yang menyebutkan bahwa Yosep terlibat dalam kasus pembunuhan yang menewaskan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu.

Meski demikian, kliennya tetap mengikuti proses hukum yang berlaku dan hadir dalam rekonstruksi.


Sebagai informasi, kasus ini bermula dari penemuan mayat ibu dan anak pada 18 Agustus 2021 lalu. Jasad ibu dan anak itu adalah Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu yang ditemukan di mobil Alphard di rumahnya di Jalancagak, Subang.

Baca Juga: Yosef Diteriaki Emak-emak yang Menonton Rekonstruksi Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang: Biadab!

Hari ini, rekonstruksi kasus pembunuhan di Subang dihadiri oleh lima tersangka yakni, M Ramdanu alias Danu (keponakan Tuti korban), Yosep Hidayah (suami Tuti dan ayah Amel), Mimin (istri kedua Yosep) serta Arighi dan Abi anak dari Mimin.

Ada 95 adegan yang akan diperagakan oleh para tersangka untuk memberikan gambaran motif dari kasus pembunuhan tersebut.

Adegan yang diperagakan mulai dari tempat kejadian perkara (TKP) awal di warnet tempat kerja Danu, kemudian di tempat makan pecel lele, di mana Danu dan Yosep Bertemu, kemudian percekcokan antara Mimin dan Tuti.

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x