Kompas TV regional kalimantan

Solidaridad Raih Penghargaan Mitra Pembangunan Kabupaten Sintang 2023

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 16:50 WIB
solidaridad-raih-penghargaan-mitra-pembangunan-kabupaten-sintang-2023
Solidaridad Raih Penghargaan Mitra Pembangunan Kabupaten Sintang 2023 (Sumber: Solidaridad)
Penulis : KompasTV Pontianak

SINTANG, KOMPAS.TV - Belum lama ini Solidaridad meraih penghargaan di Mitra Pembangunan Award Kabupaten Sintang 2023. Dari 13 kategori, tidak tanggung-tangung, Solidaridad berhasil meraih 3 kategori sekaligus yaitu kategori Lingkungan, Ekonomi Kerakyatan, dan Tata Kelola Pemerintahan. Keberhasilan ini merupakan pengakuan atas kontribusi yang signifikan dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sintang. Ada kurang lebih 32 lembaga yang diundang untuk mengikuti acara penghargaan ini. Dimulai dari organisasi masyarakat sipil hingga lembaga donor.

Kesemuanya telah cukup lama berkiprah di Kabupaten Sintang dengan menyasar berbagai aspek kehidupan masyarakat setempat. Inisiatif Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menggelar Mitra Pembangunan Award ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan dedikasi organisasi non-pemerintah serta lembaga donor dalam pengembangan program yang mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat lokal. Penentuan penerima penghargaan ini adalah berdasarkan fakta kegiatan yang dilakukan di tingkat tapak, dilengkapi dengan laporan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang. Mitra Pembangunan Award 2023 ini baru digelar pertama kali, namun besar kemungkinan akan menjadi kegiatan rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Sintang. Acara yang mengusung tema "Membangun Kolaborasi untuk Sintang yang Sejahtera, Maju, dan Berkelanjutan" ini dihelat di Pendopo Bupati Sintang, bersamaan dengan gelaran Corporate Social Responsibility (CSR) Award 2023 yang sudah kali kelima digelar di Kabupaten Sintang.

Solidaridad Raih Penghargaan Mitra Pembangunan Kabupaten Sintang 2023 (Sumber: Solidaridad)

Pencapaian Solidaridad Indonesia di Kabupaten Sintang selama sembilan tahun terakhir meliputi pendampingan petani kelapa sawit swadaya di 9 Kecamatan di Kabupaten Sintang. Kerjasama ini tidak hanya menempatkan petani lokal sebagai fokus utama yang akan mendapatkan keuntungan, tapi juga berkontribusi pada kemajuan Kabupaten Sintang secara keseluruhan.

Dari Jakarta, Yeni Fitriyanti, Country Manager Solidaridad Indonesia menyampaikan rasa suka citanya atas penghargaan yang diterima, “Terimakasih yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada  Pemerintah Kabupaten Sintang, Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph, para pemangku kepentingan, pekebun sawit swadaya  serta masyarakat kabuten Sintang atas pengakuan dan apresiasi yang telah diberikan kepada Solidaridad Indonesia, yang berhasil terpilih mendapatkan penghargaan untuk 3 kategori: Tata Kelola Pemerintahan, Ekonomi Kerakyatan dan Lingkungan,” 

Yeni juga menyebutkan bahwa, sebagai penerima Mitra Pembangunan Award 2023, di tahun pertama, Pemerintah Kabupaten Sintang memasukan Solidaridad sebagai organisasi masyarakat sipil yang menjadi kontributor pembangunan daerah berbasis program sejak tahun 2014. Hal ini menegaskan kembali komitmen Solidaridad untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Sintang. 

“Kami berharap dapat terus melanjutkan kerjasama dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Sintang menuju kabupaten hijau yang lestari dan berkelanjutan, sekaligus membantu terciptanya sinergi antara petani swadaya, pemerintah daerah dan sektor swasta, demi kemajuan Kabupaten Sintang, kesejahteraan petani swadaya khususnya dan masyarakat di Kabupaten Sintang pada umumnya. Terimakasih kasih, salam Lestari!” Yeni mengakhiri komentarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x