Kompas TV regional kalimantan

Presiden RI Resmikan Miniatur Hutan Hujan Tropis Gagasan Universitas Mulawarman Di IKN

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 11:04 WIB
presiden-ri-resmikan-miniatur-hutan-hujan-tropis-gagasan-universitas-mulawarman-di-ikn
Presiden Joko Widodo saat lakukan kunjungan ke miniatur Hutan Hujan Tropis (HHT) di IKN (Sumber: istimewa)

PPU, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo beserta jajaran melakukan penanaman pohon serta meresmikan Miniatur Hutan Hujan Tropis (HHT) yang di gagas oleh Universitas Mulawarman (UNMUL di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), bertempat di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan TImur,  Rabu lalu (20/12/2023).

Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Otorita Ibu Kota Nusantara, Kurator Pembangunan IKN, Pj. Gubernur Kaltim, Rektor UNMUL, Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng., dan Dekan Fakultas Kehutanan UNMUL, Prof. Dr. Rudianto Amirta, S.Hut., M.P., meninjau sejumlah fasilitas Miniatur Hutan Tropis. Kemudian melakukan prosesi penanaman pohon bangkirai yang juga diikuti oleh PT.Tirta Investama, ITM, PT. MHU dan sejumlah masyarakat pun ikut terlibat.

Miniatur Hutan Hujan Tropis ini nantinya akan menjadi living lab dalam pengembangan inovasi reforestasi di IKN. Dimana sejumlah pihak akan terlibat dalam proses dalam mengembangkan inovasi-inovasi dalam upaya reforestasi area di Nusantara yang diilindungi.

(Sumber: istimewa)

Adapun sejumlah fasilitas yang juga ditinjau oleh Presiden Jokowi, seperti fasilitas pusat informasi yang menjadi sumber informasi terkait ekosistem hutan tropis di Kalimantan, serta fasilitas bangunan yang memuat produk hasil hutan yang dikembangkan oleh masyarakat Kalimantan Timur.

Selain itu, terdapat juga tempat persemaian transi yang nantinya akan berfungsi sebagai tempat adaptasi tanaman sebelum proses penanaman di lingkungan IKN. Nantinya tempat ini akan digunakan untuk memberikan kesempatan pada bibit tanamana dari Persemaian Mentawir untuk beradaptasi sebelum nantinya akan dilakukan penanaman.

Rektor Universitas Mulawarman Abdunnur yang juga hadir mendampingi Presiden Jokowi turut mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan. ia mengapresiasi langkah civitas akademika UNMUL dan seluruh jajaran atas inisiatif kerja sama dalam membangun miniature Hutan Hujan Tropis Nusantara ini hingga akhirnya dapat diresmikan langsung oleh Presiden RI. (Dik/ist/unmul)



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x