Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Prakiraan Cuaca Yogyakarta 28 hingga 29 Desember 2023

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 07:30 WIB
prakiraan-cuaca-yogyakarta-28-hingga-29-desember-2023
ILUSTRASI. Awan mendung di atas Kota Yogyakarta, Rabu (17/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini Kamis (28/12/2023). (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Informasi prakiraan cuaca dua hari ke depan di wilayah DI Yogyakarta dari 28 hingga 29 Desember 2023 telah dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY.

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, hasil analisis dinamika atmosfer terbaru menunjukkan adanya pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan di sebelah barat Kalimantan. Situasi ini menyebabkan terbentuknya daerah belokan angin (shearline) di Laut Jawa, yang mengakibatkan perlambatan kecepatan angin.

Secara umum, pola angin Baratan mulai aktif, namun dampak pola siklonik tersebut menyebabkan pola angin dominan di wilayah Jawa, khususnya DI Yogyakarta, masih bertiup dari arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan berkisar 20 – 35 km/jam.

"Sehingga menyebabkan daerah belokan angin (shearline) di Laut Jawa yang menyebabkan perlambatan kecepatan angin," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023) dikutip dari Tribun News.

Dari hasil analisis vertikal kelembapan udara pada ketinggian 1.5 – 5.5 km di wilayah DIY, diperoleh bahwa kelembapan udara berkisar antara 70 – 95 persen (basah). 

Baca Juga: Kakorlantas Prediksi Selasa Malam 26 Desember Jadi Puncak Arus Balik Libur Natal

Kondisi ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY lebih dominan terjadi pada siang-sore hari.


Prakiraan cuaca BMKG Yogyakarta untuk Wilayah DIY periode 28 – 29 Desember 2023 adalah sebagai berikut:

28 Desember 2023

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian utara, Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul bagian utara.

29 Desember 2023

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian utara, Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul bagian utara.

Baca Juga: Deretan Acara Malam Tahun Baru 2024 di Yogyakarta, Enggak Cuma di Malioboro lho!



Sumber : Kompas TV, Tribun News


BERITA LAINNYA



Close Ads x