Kompas TV regional jabodetabek

Pengamanan Perayaan Malam Tahun Baru 2024, Polda Metro Jaya Siagakan 5.670 Personel

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 05:05 WIB
pengamanan-perayaan-malam-tahun-baru-2024-polda-metro-jaya-siagakan-5-670-personel
Ilustrasi perayaan malam Tahun Baru 2024. (Sumber: Bing Image Creator)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan dalam rangka perayaan malam Tahun Baru 2024 di Jakarta yang melibatkan 5.670 personel.

Dari jumlah tersebut, personel kepolisian yang dilibatkan sebanyak 3.963 orang, 1.219 orang anggota TNI serta 488 personel dari Pemda DKI Jakarta. 

"Jumlah total 5.670 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (30/12/2023).

Trunoyudo menyampaikan bahwa seluruh personel akan ditempatkan ke sejumlah titik, termasuk pusat keramaian seperti area Car Free Night (CFN). 

Di sisi lain, upaya pengamanan akan difokuskan pada pencegahan konvoi masyarakat serta memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Mengamankan lokasi keramaian. Ada 12 titik panggung hiburan malam pergantian Tahun Baru. Mencegah peredaran miras, narkoba, dan obat-obatan terlarang lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut, Polda Metro Jaya juga mengimbau masyarakat di Jakarta dan sekitarnya untuk tidak melakukan konvoi saat perayaan malam Tahun Baru 2024.

Guna mengantisipasi hal tersebut, pihak kepolisian akan melakukan penjagaan di daerah perbatasan yang akan masuk ke Jakarta untuk mengadang dan memutarbalikkan masyarakat yang nekat konvoi.

"Iya (kami putar balik). Kegiatan masyarakat yang sekiranya itu akan menggangu aktifitas kegiatan masyarakat lainnya seperti konvoi, bak terbuka akan kita putar balikkan," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman pada, Jumat (29/12/2023) kemarin.


Latif mengungkapkan bahwa personel lalu lintas akan ditempatkan di kawasan Kalimalang untuk memantau arus kendaraan yang datang dari kawasan Bekasi, Jawa Barat. Untuk mengawasi kendaraan dari arah Bogor, anggota akan ditempatkan di sekitar Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Baca Juga: Catat, Ini Daftar Lokasi Nonton Kembang Api Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta




Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x