Kompas TV regional jawa barat

Korban Tewas Tabrakan Kereta: Masinis KA Lokal Bandung Raya dan Asistennya, 1 Pramugara KA Turangga

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 08:55 WIB
korban-tewas-tabrakan-kereta-masinis-ka-lokal-bandung-raya-dan-asistennya-1-pramugara-ka-turangga
Gerbong kereta anjlok dan terguling dalam tabrakan antara KA Turangga dan KA Bandung Raya di antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka di KM 181, Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Ibrahim Tompo memerinci tiga korban tewas dalam tabrakan kereta atau 'adu banteng' antara Kereta Api (KA) Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di petak Stasiun Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024) pagi.

“Sementara korban meninggal dunia ada tiga orang, yaitu masinis KA Lokal Padalarang (KA Lokal Bandung Raya) dan asisten masinis KA Lokal Padalarang, serta satu orang pramugara KA Turangga,” kata Ibrahim dalam Breaking News Kompas TV, Jumat.

Ia menjelaskan, tabrakan kereta terjadi di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, tepatnya pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700.

Baca Juga: Kesaksian Penumpang Tabrakan KA Turangga: Ada Orang yang Terjepit

Saat ini, tim gabungan tengah melakukan pendataan terhadap penumpang dari dua kereta yang terlibat 'adu banteng'.

Evakuasi juga tengah dilakukan. Ibrahim mengatakan lokasi tabrakan kereta ini jauh dari area perkampungan warga dan akses jalan. Ia memastikan kecelakaan terjadi di atas lintasan rel tunggal.

Berdasarkan visual yang diterima Kompas TV, alat berat sudah dikerahkan untuk mengevakuasi gerbong kereta yang ringsek dan anjlok usai mengalami tabrakan.

Terpisah, VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan sejumlah perjalanan kereta api yang terdampak akibat adanya tabrakan ini akan mengalami pengalihan rute.

“Yang tadinya melalui rute jalur selatan dari Bandung, menuju ke Tasikmalaya, Banjar. Saat ini kita lakukan upaya perjalanan memutar melalui Bandung, menuju ke Cikampek, dan menuju ke Kroya,” jelas Joni.

Baca Juga: Update Tabrakan KA Turangga-KA Bandung Raya, KAI Kerahkan Alat Berat, Rute Dialihkan ke Jalur Utara

Ia menjelaskan rute memutar ini akan membuat perjalanan kereta menjadi 2-3 jam lebih lama.

Ditanya soal penyebab tabrakan KA Turangga dan KA Bandung Raya, Joni belum bisa menjelaskan. Ia bilang, pihaknya akan mendalami dan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kecelakaan kereta.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x