Kompas TV regional jawa barat

PT KAI Meminta Maaf atas Tabrakan KA Turangga dan KA Bandung Raya, Belasan Ambulans Dikerahkan

Kompas.tv - 5 Januari 2024, 10:17 WIB
pt-kai-meminta-maaf-atas-tabrakan-ka-turangga-dan-ka-bandung-raya-belasan-ambulans-dikerahkan
Ilustrasi. Masinis PT KAI saat hendak memeriksa kondisi lokomotif sebelum melakukan perjalanan. (Sumber: kai.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan terkait insiden tabrakan yang melibatkan Kereta Api (KA) Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya, Jumat (5/1/2024) pagi.

Kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 06.03 WIB ini berlokasi di km 181+700 di petak jalan antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Manajer Humas KAI Daop 2 Ayep Hanepi menyatakan pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut terkait data-data korban. Ia menekankan, KAI sedang menindaklanjuti penyebab kecelakaan tersebut.

Baca Juga: Proses Evakuasi Korban Kereta Turangga Tabrakan dengan KA Bandung Raya

“Kami KAI Daop 2 menyampaikan permohonan maaf, setinggi-tingginya atas kejadian ini dan untuk data-data korban masih menunggu. Untuk kejadian, kenapa bisa terjadi, masih kita tindaklanjuti,” kata Ayep di Kabupaten Bandung, dikutip dari Antara.

KAI telah menyiagakan belasan ambulans untuk proses evakuasi. Ayep menginformasikan, evakuasi korban sudah dilakukan dengan empat ambulans yang telah mengantarkan para korban ke Rumah Sakit Cicalengka.

“Evakuasi korban sudah dilakukan dengan empat ambulans yang sudah mengantarkan korban ke Rumah Sakit Cicalengka,” katanya.

Baca Juga: Tabrakan KA Turangga dan KA Bandung Raya: Kemenhub Kirim Tim untuk Evakuasi Korban

Ayep mengumumkan, KAI akan segera melaksanakan proses evakuasi kedua rangkaian kereta api serta memperbaiki jalur rel yang mengalami kerusakan.

Sebagai langkah antisipatif, KAI telah merencanakan rekayasa pola operasi untuk kereta-kereta yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka. Hal ini mencakup jalur memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain,” katanya.

Baca Juga: Cerita Detik-detik Sebelum Tabrakan KA Turangga: Banyak yang Tertidur, Akhirnya Terlempar

Menurut data sementara, tiga orang tewas dalam tabrakan kereta ini.

“Sementara korban meninggal dunia ada tiga orang, yaitu masinis KA Lokal Padalarang (KA Lokal Bandung Raya) dan asisten masinis KA Lokal Padalarang, serta satu orang pramugara KA Turangga,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Ibrahim Tompo dalam Breaking News Kompas TV, Jumat.

Baca Juga: Korban Tewas Tabrakan Kereta: Masinis KA Lokal Bandung Raya dan Asistennya, 1 Pramugara KA Turangga


 




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x