Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Khusus 4 Kategori Pemilih Masih Dilayani Pindah Memilih

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 18:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ada dua termin warga yang bisa mengajukan pindah memilih, yang pertama ada sembilan kategori dimana batas terakhir pengajuan pindah memilih tersebut tanggal 15 Januari 2024 lalu. Jumlah untuk pindah memilih pada termin ini yang masuk ke Jateng mencapai seratus lima puluh lima ribu lebih dan pindah keluar seratus tujuh puluh ribu lebih.

Yang terbanyak untuk pindah masuk ke Jateng adalah Kota Semarang 16 ribu lebih dan kedua Kabupaten Banyumas mencapai sebelas ribu lebih dan pengajuan pindah memilih di dua wilayah itu didominasi oleh mahasiswa.

Sedangkan termin lainnya ada empat kategori yakni warga yang terkena bencana alam, masih dalam perawatan di rumah sakit, dalam tahanan dan mereka yang menjalankan tugas saat pemungutan suara ditugaskan khusus ditempat lain, seperti sopir ekspedisi, pilot hingga jurnalis. Empat kategori ini memiliki waktu mengajukan pindah memilih hingga H-7 pencoblosan.

Sejumlah berkas yang harus diserahkan saat mengajukan pindah memilih antara lain yakni KTP elektronik dan surat tugas untuk jurnalis, sedangkan bagi yang terkena bencana alam surat keterangan dari BPBD. Sedangkan yang dalam perawatan surat keterangan dari pihak rumah sakit serta lapas bagi yang menjalani masa tahanan.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap tidak golput dan menggunakan hak pilihnya. Meskipun dengan pindah memilih memiliki kerugian karena tidak dapat mencoblos semua karena surat suara yang diterima tidak utuh.

“Empat kategori, jadi ada empat kategori meliputi, pertama alasan adanya bencana alam sehingga butuhnya lokasi, kedua adalah rawat inap di rumah sakit, ketiga adalah dalam tahanan atau orang yang masuk ke tahanan dan yang kategori terakhir adalah mereka yang menjalankan tugas. Jadi pengertiannya adalah pada hari pemungutan suara mereka ditugaskan secara khusus di tempat lain, bukan di tempat biasa,” jelas Paulus Widiyantoro, Komisioner KPU Jawa Tengah.

Sementara terkait logistik pemilu saat ini sortir dan pelipatan dari berbagai kabupaten/kota di Jateng telah selesai dilaksanakan. Saat ini sedang berlangsung proses packing dalam kotak suara berbagai kebutuhan untuk setiap TPS, sedangkan pengiriman logistik tersebut ke setiap kecamatan biasanya H-5 namun situasional sesuai kondisi masing-masing daerah.

#pindahmemilih #pemilu2024 #semarang



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x