Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jemaat Tay Kek Sie Sembahyang Ungkap Rasa Syukur

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 18:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Jelang tahun baru Imlek 2024 Klenteng Tay Kek Sie yang berada di Gang Lombok Nomor 62 Kota Semarang, Jawa Tengah terlihat sibuk dibandingkan hari biasa. Hal ini karena minggu ini adalah Minggu Cap Ji Gwee, dimana para umat Konghucu melakukan upacara tutup tahun di klenteng.

Terlihat aneka ragam sesaji seperti buah-buahan, makanan manis, air minum dan uang kertas dipersembahkan di meja altar. Selain itu juga juga aneka macam dupa dan hio dibakar untuk menghantarkan doa-doa dan harapan baik menuju ke surga.

Upacara tutup tahun ini memang selalu dilakukan oleh umat Konghucu sebelum menyambut tahun baru Imlek 2024 yang akan jatuh 10 Februari 2024 mendatang.

“Ucapan terimakasih bahwa kita di tahun kelinci ini melami suka maupun duka, semoga kedukaan di tahun sebelumnya cukup sampai disitu saja, dan menyongsong tahun naga 2575 kita akan selalu berharap menadi lebih baik,” ujar Andre, pengurus Klenteng Tay Kak Sie.

Ada ratusan jemaat Klenteng Tay Kak Sie yang melakukan sembahyang secara mandiri. Mereka mulai berdatangan sejak pagi hingga malam hari. Jemaat yang datang ini tak hanya dari Kota Semarang, namun juga berasal dari luar kota. Alphonsus Noviandi misalnya, jemaat Tay Kek Sie ini sengaja datang dari Jakarta untuk melakukan sembahyang tutup tahun. Ia yang asli Semarang sengaja pulang karena memiliki ikatan batin yang kuat dengan Klenteng Tay Kak Sie.

“Untuk saya pribadi ada kenangan-kenangan tersendiri, saya kembali kesini selain berterimakasih juga mengenang, ada berkah-berkah baik yang saya terima setelah saya sembayang di sini, kemudian nostalgia saya waktu kecil. Jadi ada keterikatan batin saja, di Jakarta saya juga sembahyang di beberapa kelenteng tapi tetap kembali ke sini,” terang Alphonsus.

Di Klenteng Tay Kak Sie setidaknya ada 29 altar untuk pemujaan dewa-dewi. Hal ini menjadikan Tay Kak Sie sebagai klenteng dengan ropang dewa-dewi terbanyak yang ada di Kota Semarang. Klenteng yang berusia lebih dari 200 tahun ini memang menjadi klenteng yang memiliki nilai ikonik di Kota Semarang.

#kelentengtaykaksie #imlek2024 #semarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x