Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kue Yopia, Kue Khas Imlek dari Rembang

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 12:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Di sejumlah daerah perayaan Imlek identik dengan kue keranjang. Namun, di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ada makanan khas lain yang banyak diburu saat perayaan Imlek. Makanan legenda tersebut adalah kue yopia.

Salah satu perajin kue yopia di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem yang cukup terkenal adalah Cik Waras. Sejak tahun 1800-an keluarga Cik Waras telah memproduksi kue yopia secara turun-temurun. Cik Waras merupakan generasi ketiga yang meneruskan usaha leluhurnya dari garis keturunan Tan Tjiem Liang.

Menurutnya kue yopia merupakan penggabungan akulturasi kuliner Tiongkok dengan Jawa. Kulit yopia dibuat menggunakan bahan terigu yang menjadi ciri khas makanan Tiongkok, sedangkan isian dalamnya menggunakan gula aren yang identik dengan kuliner Jawa.

“Lasem kan khasnya yopia. Saya generasi ketiga, ini dari kakek saya,” ujar Cik Waras.

Kue yopia ini tidak diproduksi setiap hari, melainkan hanya diproduksi seminggu sekali. Dalam sekali produksi, Cik Waras mampu memproduksi 400 hingga 500 kue yopia. Terutama menjelang Imlek ini banyak dipesan warga dari luar kota seperti Jakarta, Semarang dan kota lainnya. Satu kotak yopia isi 10 dibanderol dengan harga Rp30.000.

#kueyopia #kueimlek #rembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x