Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sambut Imlek dengan Menu Gurame Sisik Naga

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 13:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Biasanya Imlek identik dengan kuliner olahan ikan bandeng. Namun,berbeda dengan suguhan kuliner khas Imlek di sebuah hotel di Kota Semarang ini. Juru masak ini mencoba alternatif lain dengan menggunakan ikan gurame. Menu spesial Imlek ini diberi nama gurame sisik naga.

Untuk membuat olahan gurame sisik naga tidaklah sulit. Sebelumnya siapkan bumbu-bumbunya terlebih dahulu dan kemudian ikan gurame di belah, dijadikan fillet ikan dan kemudian diberi tepung. Langkah selanjutnya gurame yang sudah dibaluri tepung kemudian di goreng dan setelah matang baru diberi toping agar terlihat cantik. Langkah terakhir, tuangkan sekucupnya saos dengan cita rasa asam manis di atas gurame sisik naga dan siap untuk di santap.

“Rasanya enak, gurih, pedas dan manis,” ujar Isna Anindita, penikmat olahan gurame.

Rasa gurame sisik naga ini sangat lezat dan gurih serta tidak membuat eneg.

“Bahan bakunya kebanyakan di bandeng, tapi saya mencoa dari ikan gurame supaya berbeda di jenis ikan. Kita menggunakan saos asam manis, jadi ketika dimakan tidak eneg dan bau ikan bisa hilang,” terang Wawan Setyawan, chef hotel.

Untuk menikmati olahan khas Imlek ini, anda harus merogoh kocek Rp95.000 yang bisa dinikmati berdua bersama orang yang disayang atau menu Imlek ini juga bisa anda praktekan di rumah.

#imlek #makananimlek #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x