Kompas TV regional bali nusa tenggara

Mendag dan Wali Kota Semarang Tinjau Ketersediaan & Harga Beras

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Wali Kota Semarang atau akrab disapa Mbak Ita mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan karena sudah meninjau pasar tradisional di Kota Semarang, Selasa pagi (20/02/2024). Langkah selanjutnya dari Dinas Perdagangan Kota Semarang sendiri akan melakukan pemantauan kestabilan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Semarang, khususnya harga beras karena saat ini beras dengan kualitas medium harganya cukup tinggi. Mbak Ita juga mengimbau agar masyarakat bisa beralih sementara ke beras subsidi mengingat kualitasnya juga baik.

“Saya mengucapkan matur nuwun kepada Pak Menteri Perdagangan yang sudah meninjau pasar tradisional. Karena kita tahu, beras menjadi komoditi yang saat ini (harganya) sedang tinggi-tingginya. Tadi sudah disampaikan oleh Pak Menteri kalau beras premium sedang menunggu masa panen tiba. Kalau Bulog, insyaallah, harganya tetap karena Bulog kan disubsidi dari pemerintah,” ucap Mbak Ita.

Melihat harga beras kualitas medium dan premium yang semakin tinggi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut pemicu kenaikan harga beras dikarenakan masih dalam awal musim tanam.

Untuk memenuhi kebutuhan pokok beras di pasaran, menteri perdagangan sudah bekerja sama dengan Bulog untuk menyuplai beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) sebanyak 250 ribu ton per bulan untuk seluruh Indonesia.

“Pemerintah akan membanjiri pasar dengan SPHP. SPHP itu beras Bulog yang disubsidi. Jadi, konsumen atau masyarakat punya alternatif. Kalau beras premium mahal sekali, mereka bisa membeli Bulog yang kualitasnya juga tidak kalah dari beras premium, " ungkap Zulkifli Hasan.

Sementara untuk menekan kenaikan harga beras di pasaran, suplai kebutuhan beras bersubsidi dari Bulog atau beras SPHP nantinya akan dijual dengan harga yang lebih murah atau di bawah harga eceran yang ditetapkan (HET). Beras SPHP ini diharapkan sebagai alternatif untuk masyarakat dalam membeli beras dengan kualitas yang tidak kalah dengan kualitas premium.

#beras #bulog #sphp



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x