Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dinas Perdagangan Kota Semarang: Harga Beras Mulai Turun

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 12:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dinas Perdagangan Kota Semarang, Kamis (29/02/2024) pagi memastikan harga sembako mulai turun dengan melakukan pantauan harga di Pasar Johar. Untuk komoditas beras yang sebelumnya naik hingga Rp 4.000 kini mulai turun Rp 500 pada semua jenis beras medium dan premium.

Turunnya harga beras sekitar Rp 500 ini, belum diikuti untuk harga telur dan minyak goreng serta gula pasir. Namun, ada beberapa komoditas bawang merah dan bawang putih yang masih naik turun harganya, sejak bulan kemarin.

PLH Dinas Perdagangan Kota Semarang mengaku, naiknya harga beras hingga Rp 4.000 disikapi pemerintah dengan melakukan operasi pasar serta memperlancar pasokan beras SPHP dari Bulog ke pasar tradisional. Upaya ini pun mampu menekan harga beras yang turun Rp 500 menjelang Ramadan.

“Tim kami di Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan sudah sering turun, dua hari sekali kita ke pasar untuk memantau dan memberikan support kepada pihak-pihak terkait. Alhamdulilah,  penurunan (harga) semakin terjadi sekitar Rp 800 sampai Rp 1.000,” ucap Sutrisno.

“Kan udah turun Rp 500 karena ada operasi pasar, beras medium dan premium,” tutur Damini, pedagang sembako.

Dengan turunnya harga sekitar Rp 500 hingga Rp 800 ini, pedagang berharap bisa turun lagi hingga kembali ke harga yang sebelumnya. Pasalnya, mendekati Ramadan dan akan kembali naik seiring meningkatnya konsumsi masyarakat.

#hargasembako #hargaberas #operasipasar 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x