Kompas TV regional berita daerah

Bentuk Tolerasi, Umat Muslim Jaga Rumah Warga Hindu saat Nyepi

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 11:38 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Sudah menjadi tradisi yang dilakukan sejak puluhan tahun silam umat muslim warga Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung melakukan penjagaan di rumah umat Hindu yang sedang melakukan nyepi.

Baca Juga: Terekam CCTV, Pencuri Motor Lepaskan Tembakan ke Udara

Warga yang tergabung dalam badan komunikasi sosial bersama pamong kelurahan setempat ini berkeliling memastikan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal umat hindu.

Satu persatu rumah umat hindu disambangi untuk memastikan pagar yang tertutup hingga mengingatkan warga untuk tidak melintas dengan kendaraan yang berisik.

Adanya kerukunan ini merupakan salah satu program pemerintah khususnya di Kelurahan Labuhan Dalam Bandar Lampung mengingat di wilayah tersebut mayoritas pemeluk agama cukup beragam baik Muslim, Hindu serta Kristiani.

Sehingga dengan kerukunan yang terus dijaga maka akan menghasilkan rasa toleransi yang menyejukan antar umat.

Bentuk toleransi umat beragama ini tentu harus menjadi contoh agar bisa ditiru semua masyarakat di setiap daerah karena dengan bentuk toleransi seperti ini juga sebaga perwujudan dari penerapan pancasila ditengah masyarakat yang menekankan saling menghormati dan saling pengertian.

#toleransi #ibadah #hindu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x