Kompas TV regional berita daerah

Olahraga Panahan Melatih Fokus dan Kesabaran

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 13:20 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kali ini saya akan mencoba belajar bagaimana berolahraga panahan di Siger Horse yang berlokasi di kawasan Way Dadi Kota Bandar Lampung.

Baca Juga: Toleransi, Umat Hindu Berbagi Takjil Gratis di Bulan Ramadan

Mula-mula tentu saya harus mendapat pendampingin dari guru atau ahli memanah agar cara saya mulai dari memegang, membidik dan melepas anak panah sudah sesuai karena jika salah maka cedera mungkin bisa saja terjadi.

Olahraga panahan merupakan olahraga yang tidak menguras banyak tenaga namun memiliki manfaat yang luar biasa. Hal ini lantaran kita dilatih untuk menjaga kestabilan tubuh, pikiran, fokus hingga kesabaran.

Sebelum memanah kita harus mengetahui posisi tubuh yang benar, teknik memegang busur panah, cara memposisikan anak panah hingga melepaskan tembakan agar tepat pada target.

Selain bagus untuk anggota tubuh khususnya otot bagian atas dan menyehatkan organ jantung, memanah menjadi nilai ibadah dan mendapatkan pahala, pasalnya olahraga ini merupakan sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad selain dari berkuda dan berenang.

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika memanah. Konsentrasi dan kesabaran juga harus dimiliki. Lewat olahraga panahan terbukti dapat mengontrol emosi kita menjadi lebih stabil.

Bahkan yang luar biasa bagi mereka yang hobi memanah, merasa olahraga satu ini bisa membuat lebih bahagia, hati tenang dan meninggkatkan kualitas saat beribadah.

Cukup dengan membayar 20 ribu rupiah, anda akan mendapat paket wisata edukasi memanah yang langsung diajarkan dengan pelatihnya di Siger Horse Lampung.

Olahraga memanah yang paling baik bisa dilakukan rutin 6 hari dalam seminggu dengan durasi satu setengah jam untuk pemula. Selain menyehatkan tubuh olahraga sunnah satu ini juga memberikan nilai pahala.

#olahraga #panahan #sunnah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x