Kompas TV regional jabodetabek

Dukcapil DKI Jakarta Tunda Nonaktifkan NIK Warganya yang Diluar Daerah, Dilanjutkan Usai Lebaran

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 14:17 WIB
dukcapil-dki-jakarta-tunda-nonaktifkan-nik-warganya-yang-diluar-daerah-dilanjutkan-usai-lebaran
Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan, pihaknya akan menonaktifkan 195.777 Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga yang sudah tidak tinggal di Jakarta. (Sumber: jakarta.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta telah menunda rencana penonaktifan nomor induk kependudukan (NIK) untuk warga yang tidak lagi berdomisili di wilayah DKI Jakarta.

Kebijakan ini rencananya dimulai pada awal bulan April, tetapi diputuskan untuk dilaksanakan setelah perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, atau sekitar tanggal 12 April mendatang.

Baca Juga: Gugat Hasil Pilpres ke MK, Tim Hukum Amin: Kami Berharap Pemungutan Suara Ulang, Tanpa Cawapres 02

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awaluddin menjelaskan,  keputusan penundaan ini diambil dengan pertimbangan bahwa momen setelah Lebaran dianggap sebagai waktu yang lebih tepat dan kondusif untuk melaksanakan penonaktifan NIK.

Ini didasarkan pada asumsi bahwa banyak warga yang berpotensi terdampak oleh kebijakan ini juga telah kembali ke Jakarta setelah merayakan hari raya di kampung halaman masing-masing.

Baca Juga: Jubir Anies-Muhaimin Sebut Pada Pemilu 2024 Telah Terjadi Tirani Uang, Penipuan Demokrasi

"Momennya lebih bagus pascalebaran, lebih enak. Kita akan lakukan sampai akhir tahun, Desember," jelas Budi dikutip dari Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Budi mengatakan proses penonaktifan NIK rencananya akan terus berlangsung hingga Desember. Dijelaskan sekitar 94.000 NIK akan dinonaktifkan, yang terdiri dari 81.000 KTP milik warga yang telah meninggal dunia dan 13.000 NIK milik warga yang alamat tinggalnya tidak lagi tercatat atau valid di sistem Dukcapil.

Baca Juga: Link Pendaftaran UTBK SNBT 2024 Dibuka Jam 15.00 WIB, Ini Jadwal Tes dan Lokasinya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x