Kompas TV regional papua maluku

Aparat Gabungan Tembak Mati 2 Anggota KKB di Mimika Papua Tengah

Kompas.tv - 4 April 2024, 22:12 WIB
aparat-gabungan-tembak-mati-2-anggota-kkb-di-mimika-papua-tengah
Ilustrasi peluru penembakan. Pasukan gabungan TNI-Polri menembak dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB hingga tewas, pada Kamis (4/4/2024), sekitar pukul 15.00 WIT. (Sumber: TribunJateng.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasukan gabungan TNI-Polri menembak dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB hingga tewas, pada Kamis (4/4/2024), sekitar pukul 15.00 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani menyebut, peristiwa penembakan tersebut terjadi di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“Kedua Anggota KKB aktif itu dinyatakan meninggal dunia usai dilakukan penegakan hukum oleh satgas Ops Damai Cartenz di sekitar Kali Kabur, Mile 69 Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika,” ucap Faizal dalam keterangan tertulis, Kamis.

Ia menyebut dua anggota KKB yang ditembak hingga tewas oleh Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz-2024, bersama Satgas Amole 2024 dan Satgas Nanggala diduga Abubakar Kogoya atau (ABK), dan Demianus Magay (DM).

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menyebut, selain menembak mati kedua anggota KKB, tim juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti.

Baca Juga: Selain Bunuh 2 Polisi, KKB Juga Habisi Satu Warga Sipil, Ketiga Jenazah Bakal Dievakuasi Jumat

Barang bukti tersebut berupa senjata api laras pendek jenis sig sauer beserta 1 magasen dan amunisinya.

Ditegaskan AKBP Bayu, tindakan penegakan hukum terhadap KKB merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz-2024 dalam menjaga keamanan di wilayah Papua.

“Penegakan Hukum terhadap KKB ini merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz 2024 dalam upaya mengatasi keamanan di wilayah Mimika dan menegaskan komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyarakat dari ancaman kelompok kriminal bersenjata,” ujarnya.

Sementara terkait kedua jenazah KKB tersebut, ia mengatakan akan dievakuasi dari tempat kejadian perkara atau TKP untuk diamankan menuju Timika.

"Kedua jenazah akan kami evakuasi ke tempat aman untuk memudahkan kami melakukan identifikasi secara rinci," ujarnya.

Baca Juga: Tangkap KKB Penembak Pesawat Wings Air, Kontak Tembak Terjadi, 1 Orang Tewas



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x