Kompas TV regional jabodetabek

Rekayasa Jalur Puncak Bogor Selama Arus Mudik Lebaran 2024: Ganjil Genap, Contraflow, dan One Way

Kompas.tv - 5 April 2024, 16:22 WIB
rekayasa-jalur-puncak-bogor-selama-arus-mudik-lebaran-2024-ganjil-genap-contraflow-dan-one-way
Petugas Satlantas Polres Bogor menjaring kendaraan yang melanggar aturan ganjil genap di Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/12/2022). (Sumber: Kompas.com/Afdhalul Ikhsan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Polres Bogor mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat menjelang libur lebaran, Jumat (5/4/2024).

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan akibat pertemuan arus pemudik lokal dan wisatawan yang akan memadati kawasan Puncak.

Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Noviantasari menjelaskan bahwa rencana rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan meliputi pembukaan jalur contraflow, penerapan sistem ganjil genap, serta pengaturan one way atau satu arah.

Baca Juga: 16.957 Kendaraan Lewat Gerbang Tol Kalikangkung, Waktu di Rest Area Dibatasi

"Rencana rekayasa yang akan dilakukan yaitu pembukaan jalur contraflow, penerapan ganjil genap dan rekayasa one way," ujar Ardian dikutip dari Kompas.com, Jumat.

Pelaksanaan pengamanan dan rekayasa lalu lintas arus mudik ini akan berlangsung mulai hari ini, Jumat (5/4) hingga arus balik pada Selasa, 16 April 2024.

Baca Juga: Seratusan Anak Yatim Diberi Santunan

Untuk sistem ganjil genap, akan diberlakukan di pintu masuk atau di sekitar Exit GT Ciawi Km 46+500, Simpang Gadog, Jalan Ciawi, Kabupaten Bogor. Sistem ini mengharuskan kendaraan menyesuaikan pelat nomor ganjil atau genap sesuai tanggal di kalender.

"Bagi kendaraan yang ber-TNKB atau berpelat nomor polisi tidak sesuai dengan tanggal diberlakukannya sistem ganjil dan genap, akan diputar balik oleh petugas," terang Ardian.

Baca Juga: Di Sidang MK, Sri Mulyani Jelaskan Alokasi Anggaran Bansos hingga APBN 2024

Sementara itu, penerapan skema one way atau satu arah akan dilakukan secara situasional, bergantung pada kepadatan arus kendaraan yang melintas.

Begitu pula dengan pengaturan contraflow atau lawan arus di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi.

Baca Juga: Pemkot Makassar Gelar Itikaf Bersama di Masjid 99 Kubah Asmaul Husna

Menurut Ardian, pihaknya melakukan berbagai rekayasa lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan seperti masa mudik Lebaran tahun lalu.

"Untuk waktu dan kapan diberlakukan contraflow dan one way dilaksanakan secara situasional, untuk ganjil genap sendiri diberlakukan mulai hari ini sampai 16 April," jelasnya.

Baca Juga: Pencopotannya dari Bulog Disebut dalam Sidang Sengketa Pilpres MK, Begini Tanggapan Buwas

Jalur Puncak Bogor memang menjadi salah satu ruas jalan strategis yang akan dilintasi oleh pemudik lokal dari Bandung, Sukabumi, dan Jakarta selama arus mudik Lebaran 2024. Di sisi lain, kawasan ini juga akan menjadi tujuan liburan bagi para wisatawan.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x