Kompas TV regional sulawesi

Gunung Ruang Meletus, Ratusan Warga Pengungsi Butuh Selimut hingga Alat Kesehatan

Kompas.tv - 17 April 2024, 10:13 WIB
gunung-ruang-meletus-ratusan-warga-pengungsi-butuh-selimut-hingga-alat-kesehatan
Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, meletus pada Selasa (16/4/2024) malam hingga Rabu (17/4/2024) dini hari. (Sumber: X @PVMBG_)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

MANADO, KOMPAS.TV - Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, meletus pada Selasa malam (16/4/2024) hingga Rabu (17/4/2024) dini hari.

Menurut Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana DJ Rumambi ST, Gunung Ruang mengalami erupsi pada pukul Selasa malam pukul 19.19 WITA.

Juliana menjelaskan, tipe letusan gunung yang berada di Pulau Ruang tersebut adalah efusif, namun belum teramati dengan jelas ke mana alur aliran lava yang berhulu dari puncak Gunung Ruang tersebut.

"Belum teramati jelas ke mana arah luncuran lavanya," kata Juliana dikutip dari Antara.

Karena itu, dia pun berharap kepada masyarakat yang bermukim di Pulau Ruang tersebut mematuhi radius bahaya yang telah direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Sebelumnya, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, terjadi peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Ruang sehingga tingkat statusnya dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga) terhitung mulai tanggal 16 April 2024 pukul 16.00 WITA.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga melaporkan letusan kembali terjadi di Gunung Ruang pada Rabu dini hari pukul 01.08 WITA.

Erupsi Gunung Ruang itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 120 detik.

838 Warga Mengungsi 

Akibat meletusnya Gunung Ruang, sebanyak 838 warga yang tinggal di Pulau Ruang akan dievakuasi dan diungsikan ke Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Juliana mengatakan, warga yang berada dalam Kawasan Rawan Bencana Gunung Api (KRB) Gunung Ruang sudah mulai melakukan evakuasi mandiri sejak Selasa sore hari .

"Warga mulai melakukan evakuasi mandiri sejak sore hari. Kami sudah memberikan imbauan," kata Juliana.

Baca Juga: Gunung Api Meletus Hebat, Islandia Umumkan Darurat Negara



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x