Kompas TV regional berita daerah

Gunung Ruang Erupsi, 828 Warga Dievakuasi

Kompas.tv - 18 April 2024, 17:55 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- Akibat letusan Gunung Api Ruang, dua ratusan kepala keluarga terpaksa harus evakuasi. Proses evakuasi berlngsung hingga Rabu siang.

Warga di pulau ruang Kepulauan Sitaro harus di evakuasi karena terdampak letusan gunung ruang. Salah satu pulau yang menjadi daerah pengungsian warga adalah pulau Tagulandang.

Warga tiba di Pulau Tagulandang ada yang secara mandiri dan ada yang dibantu oleh pemerintah setempat bersama TNI, POLRI dan Tim SAR.

Sebanyak 828 warga atau 272 kepala keluarga telah dievakuasi sejak terjadinya erupsi  gunung pada 16 April. Pemerintah setempat menargetkan warga di dua desa yang terdampak yakni Desa Pumpente dan Patologi telah dievakuasi seluruhnya hingga Rabu siang.

Guna memenuhi kebutuhan dasar warga yang yang mengungsi, pemerintah juga  telah membuka dapur umum serta layanan kesehatan di pulau Tagulandang.

Sesuai data rekaman kegempaan gunung api ruang periode rabu 17 April 2024 pukul 00.00 sampai 06.00 WITA telah terjadi dua kali letusan dan 373 kali gempa vulkanik dalam dengan durasi sembilan sampai dua belas detik. 

Jufri Kasumbala Kompas tv Sitaro

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x