Kompas TV regional berita daerah

Menteri Pertanian Beri Bantuan Pompa dan Bibit Padi! Produksi Padi Diharapkan Naik 2 Kali Lipat

Kompas.tv - 26 April 2024, 13:24 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Bantuan pompa air dan bibit padi diserahkan oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di Desa Kandang, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Menteri Pertanian juga memberikan bantuan kepada sejumlah gabungan kelompok petani atau gapoktan.

 

Kawasan ini menjadi salah satu tempat yang mendapatkan perhatian karena ratusan hektar lahan sawah belum maksimal diolah oleh petani. Pompa air ini dapat mengalirkan irigasi dari Sungai Comal ke lahan pertanian.

 

Bantuan pompa, bibit, subsidi pupuk, dan alat-alat pertanian akan terus diberikan kepada petani sebagai upaya untuk meningkatkan produksi beras nasional. Menteri Pertanian sempat marah karena adanya aduan mengenai kesulitan petani dalam mendapatkan pupuk, terutama yang bersubsidi. Amran Sulaiman memerintahkan bawahannya, yaitu Direktur Pupuk dan Dirjen serta distributor pupuk, untuk segera mengatasi masalah tersebut. Petani tidak boleh dipersulit karena syarat pembelian pupuk hanya KTP.

 

Sejumlah petani mengaku senang mendapatkan bantuan pompa air dan bibit padi. Mereka berharap agar pupuk juga semakin mudah didapatkan. Lahan di Desa Kandang ini memiliki luas sekitar 350 hektar dan selama ini panen hanya dilakukan sekali dalam setahun. Produksi padi sekitar 6 ton per hektar gabah panen. Dengan bantuan pompa, perkiraan panen bisa menjadi dua kali lipat atau mencapai 12 ton per hektar per tahun.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x