Kompas TV regional berita daerah

Wedang Mawar Rembang: Minuman Segar Berkhasiat untuk Daya Tahan Tubuh

Kompas.tv - 26 April 2024, 13:26 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Dikenal sebagai penghasil bunga mawar, warga di Desa Kajar, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah memanfaatkannya menjadi sebuah minuman berkhasiat. Minuman yang diberi nama Wedang Mawar ini memiliki kandungan gizi yang dapat menjaga daya tahan tubuh manusia. Cara pembuatannya pun cukup mudah, bunga mawar yang sudah dipetik dari pohon dicuci bersih, lalu direbus dengan air mendidih bersama jahe, serai, kayu secang, serta gula pasir.

 

Setelah direbus selama 30 menit dan mengeluarkan minyak, Wedang Mawar tersebut lalu dikemas ke dalam botol dan siap dinikmati. Mudayanah, salah satu pembuat Wedang Mawar, mengatakan bahwa usaha Wedang Mawar ini sudah ditekuni sejak 8 tahun lalu. Selain rasanya yang segar, Wedang Mawar juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, seperti meningkatkan imunitas tubuh hingga mencegah penuaan dini.

 

Bagi warga yang ingin menikmati segarnya Wedang Mawar, harus memesan terlebih dahulu karena minuman ini hanya bertahan selama 3 hari saja. Untuk harga satu botolnya dijual seharga 8 ribu rupiah. Tidak hanya warga lokal, minuman ini juga banyak diburu warga luar kota seperti Semarang hingga Kabupaten Jember, Jawa Timur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x