Kompas TV regional berita daerah

Raup Cuan dari Budidaya Anggur di Pekarangan Rumah

Kompas.tv - 29 April 2024, 11:41 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Beralamatkan di Kelurahan Pemanggilan Kecamatan Natar Lampung Selatan Lampung, Gusti Irawan memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk membudidaya beragam varian tanaman anggur.

Baca Juga: Foto Presiden & Wapres Terpilih Prabowo-Gibran Mulai Dijual

Berawal dari hobi sejak 2017 lalu hingga terbentur keadaan ekonomi yang tidak stabil saat covid 19, akhirnya gusti berpikir untuk mencoba dan menekuni tanaman anggur.

Ketika tanaman anggurnya berbuah untuk pertama kali dan diunggah di media sosial ternyata banyak masyarakat yang bertanya dan tertarik untuk membeli. Dari situlah Gusti semakin menseriusi pembibitan anggur miliknya.

Kurang lebih ada 100 varian tanaman anggur dengan indukan berbeda di tempat ini. Diketahui sejak dilakukan stek, bibit anggur bisa siap dijual ketika memasuki umur 12 sampai 3 bulan dengan standar bibit 60 cm.

Setidaknya dalam sehari sedikitnya 5-10 bibit anggur yang dihargai 100 ribu rupiah per-batang bisa ia jual, bahkan pengirimanya hingga ke pemesan di luar negeri diantaranya Singapur dan Malaysia.

Untuk pemasarannya Gusti memanfaatkan beragam media sosial, bahkan banyak pula pelanggan yang datang langsung untuk membeli dengan memetik langsung dari pohonnya yang dihargai 100-200 ribu rupiah per-kilogram tergantung dari varian anggur yang dipilih.

Tak hanya menjual bibit dan buah anggur, Gusti juga membuka pelayanan jasa perawatan tanaman anggur kepada masyakarat.

Wajar saja bila dalam sebulan Gusti mampu meraup omzet hingga belasan juta rupiah dari usaha yang ia geluti.

#budidaya #anggur #pekaranganrumah




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x