Kompas TV regional jawa barat

Ibu-Ibu Pengemis yang Paksa Orang Sedekah Sudah 14 Tahun Hidup di Jalan, Ada Masalah Keluarga

Kompas.tv - 30 April 2024, 08:55 WIB
ibu-ibu-pengemis-yang-paksa-orang-sedekah-sudah-14-tahun-hidup-di-jalan-ada-masalah-keluarga
Rosmini (tengah), ibu-ibu pengemis yang kerap memaksa warga untuk bersedekah diamankan Satpol PP Kota Bogor, Minggu (28/4/2024). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Rosmini, bu-ibu pengemis yang kerap marah-marah dan memaksa warga bersedekah akhirnya diamankan oleh petugas Satpol PP Kota Bogor.

Kepala Seksi Operasional Satpol PP Kota Bogor, Surya Darma, mengatakan Rosmini merupakan warga Bandung yang berasal dari Palembang.

Selama 14 tahun terakhir, Rosmini mengaku hidup di jalanan dan meminta sedekah dari warga-warga sekitar. Ia hidup di jalan lantaran memiliki masalah keluarga.

Baca Juga: Meresahkan Warga, Pengemis Paksa Minta Sedekah Dijemput Satpol PP dan Dinsos Kota Bogor

“Pengakuan dari ibunya, dia punya masalah pribadi yang sangat berat. Masalah internal keluarganya juga sangat berat sehingga dia sampai sulit menceritakannya,” kata Surya, Minggu (29/4/2024).

Surya mengatakan, Rosmini akan dibawa ke panti milik Dinas Sosial Pemkot Bogor untuk menjalani asesmen.

Asesmen dilakukan untuk mengetahui apa yang terjadi pada Rosmini sehingga mengemis dan memaksa orang untuk memberikan sedekah kepadanya.

Setelah itu, petugas akan memutuskan apakah akan melepaskan Rosmini atau akan ditampung terlebih dahulu.

Sebagai informasi, Rosmini berkeliling dari kampung ke kampung dan meminta-minta untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Aksi Rosmini terkadang diwarnai dengan marah-marah.

Ia juga kerap memaksa warga untuk bersedekah kepadanya. Hal ini membuatnya viral dan menjadi sorotan netizen.

Perempuan itu juga berpindah dari kota ke kota. Ia sempat mengemis di wilayah Sukabumi dan Cianjur sampai akhirnya diamankan di Kota Bogor.

Baca Juga: Sempat Viral, Pengemis Minta Paksa Sedekah Dibawa ke Dinsos Kota Bogor

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bogor, Dani Rahadian mengatakan bahwa pihaknya telah membawa Rosmini ke Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

“Sudah berada di RSJMM,” kata Dani.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x