Kompas TV regional jawa barat

Kata Tetangga Soal Rosmini Ibu-Ibu Pengemis yang Viral, Terkenal Temperamental, Punya 3 Anak

Kompas.tv - 30 April 2024, 10:31 WIB
kata-tetangga-soal-rosmini-ibu-ibu-pengemis-yang-viral-terkenal-temperamental-punya-3-anak
Rosmini (tengah), ibu-ibu pengemis yang kerap memaksa warga untuk bersedekah diamankan Satpol PP Kota Bogor, Minggu (28/4/2024). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV - Sebelum 14 tahun hidup di jalanan dan mengemis, Rosmini, ibu-ibu pengemis yang viral di media sosial karena memaksa orang untuk sedekah rupanya pernah menjadi warga Desa Margaasih, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sekretaris RT 01 RW 05, Supriyanto, mengatakan bahwa Rosmini dan keluarga tinggal di wilayah itu sejak tahun 2002 dan sudah tidak terlihat sejak tahun 2010. Rumahnya juga dijual.

“Tahun 2014 itu rumahnya dijual oleh keluarganya,” kata Supriyanto, Senin (29/4/2024).

Baca Juga: Ibu-Ibu Pengemis yang Paksa Orang Sedekah Sudah 14 Tahun Hidup di Jalan, Ada Masalah Keluarga

Ia menjelaskan bahwa keluarga Rosmini tidak pernah meminta surat pindah kepada pengurus desa setempat setelah menjual rumahnya.

“Enggak pernah minta surat pindah. Kita enggak tahu pindahnya kapan karena tahu-tahu barang-barangnya udah enggak ada,” terangnya.

Saat itu, Rosmini tinggal bersama suaminya dan tiga anaknya di Jalan Jati Mekar RT 01 RW 05, Desa Margaasih. Alamat yang tertera di KTP-nya merupakan alamat lama.

Supriyanto mengaku tak mengetahui di mana Rosmini tinggal, pun soal alamat domisili. Namun demikian, berkas kependudukan Rosmini di kecamatan sudah dicabut.

Sosok temperamental

Sementara itu, istri dari Ketua RW 05, Susilawati, menjelaskan bahwa Rosmini dikenal sebagai sosok yang temperamental dan kurang dekat dengan tetangga sekitar.

"Orangnya tempramen, sosialisasi ke warga juga kurang. Wataknya emang sama dengan yang di TikTok, kalau dilihatin suka marah. Banyak warga yang kurang suka juga," ungkap Susilawati, seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia menjelaskan bahwa suami Rosmini dulu bekerja di salah satu perusahaan BUMN di Karawang, Jawa Barat. Rosmini juga memiliki tiga anak, dua perempuan dan satu laki-laki.

"Suaminya dulu kerja di Karawang, salah satu perusahan BUMN, terus menikah lagi. Jadi waktu ada masalah anak-anaknya sempat pindah dibawa ke rumah neneknya tapi gak tahu yang mana," beber dia.

Baca Juga: Meresahkan Warga, Pengemis Paksa Minta Sedekah Dijemput Satpol PP dan Dinsos Kota Bogor

Saat ini, Rosmini sudah diamankan oleh Satpol PP Kota Bogor dan Dinas Sosial Pemkot Bogor usai membuat resah warga sekitar, Minggu (28/4).

Kepala Dinas Sosial Kota Bogor, Dani Rahadian mengatakan bahwa pihaknya telah membawa Rosmini ke Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi (RSJMM) Kota Bogor untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x