Kompas TV regional papua maluku

KKB Serang Rumah Dinas Polisi di Intan Jaya, Seorang Warga Sipil Dilaporkan Tewas

Kompas.tv - 30 April 2024, 12:07 WIB
kkb-serang-rumah-dinas-polisi-di-intan-jaya-seorang-warga-sipil-dilaporkan-tewas
Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. (Sumber: Pendam XVII Cenderawasih)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB melakukan penyerangan terhadap rumah dinas polisi di Kampung Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pada Selasa (30/4/2024) pagi.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan rumah dinas polisi yang diserang berada di samping Polsek Homeyo.

Baca Juga: KKB Disebut Bunuh Kepala Kampung Sekaligus Satpol PP di Pegunungan Bintang, Tuduh Korban Mata-mata

"Mereka tiba-tiba menyerang rumah dinas yang ada di sebelah Polsek (Homeyo)," kata Kombes Faizal saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Selasa (30/4).

Kombes Faizal menduga pelaku penyerangan rumah dinas polisi tersebut merupakan kelompok bersenjata Keni Tipagau yang berasal dari Kodap VIII Kemabu.

Menurut dia, penyerangan tersebut terjadi sekitar pukul 07.40 WIT. Akibat penyerangan itu, mengakibatkan seorang warga sipil bernama Alexsander Parapak (20) tewas setelah mengalami luka tembak.

Lebih lanjut, Faizal menjelaskan, serangan yang dilancarkan KKB tersebut sebenarnya mengarah ke dua rumah dinas yang dihuni oleh Aipda Tri Setyo dan Aipda Bartholomeus.

Baca Juga: Peran Anggota KKB yang Ditembak Mati Aparat, Diduga Terlibat Pembunuhan 2 Personel Brimob di Mimika

Ketka diserang, anggota Polsek Homeyo tersebut melakukan tembakan balasan. Pihak KKB pun kemudian melarikan diri setelah mendapat perlawanan.

"Setelah anggota Polsek melakukan tembakan menuju ke arah tembakan tersebut dan terlihat ada sekitar enam orang KKB yang berlari ke arah bangunan SD Inpres Pogapa," ucap Faizal.

Saat ini, Satgas Ops Damai Cartenz masih melalukan langkah-langkah penegakan hukum terhadap KKB serta meningkatkan kesiapsiagaan untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat di Kabupaten Intan Jaya.

Baca Juga: Identitas 2 Anggota KKB yang Ditembak Mati Aparat, Seorang di Antaranya Komandan Kodap 8 Intan Jaya


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x