Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pembentukan Panwascam Pilkada, 45 Peserta Existing Dievaluasi

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 10:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tahapan pertama seleksi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kota Semarang diikuti oleh setidaknya 45 orang yang merupakan existing Panwaslu kecamatan yang sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai Panwaslu kecamatan pada Pemilu 2024 lalu.

45 orang ini nantinya akan dievaluasi dan dinilai untuk kelayakan menjadi anggota Panwaslu kecamatan. Jika nantinya ada yang tidak lolos, maka Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang akan membuka tahapan seleksi berikutnya yang bisa diajukan oleh umum.

“Peserta exsisting ini adalah peserta yang berasal dari Panwaslu kecamatan yang pernah mengikuti Pemilu 2024. Kalaupun peserta existing tersebut tidak lolos, berarti ada kecamatan yang memang diperlukan untuk diisi sebagai anggota Panwaslu kecamatan tersebut. Kami juga akan membuka pendaftaran baru pada kecamatan yang memang kosong atau kecamatan yang peserta existingnya tidak lolos,” tutur Euis Noor Faoziah, anggota Bawaslu Kota Semarang.

Adapun penetapan dan pengumuman hasil dari proses ini adalah pada tanggal 1 hingga 2 Mei 2024. Sedangkan untuk pengumuman pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan untuk pendaftar baru (tahapan kedua) akan dibuka pada 3-4 Mei 2024.

Perlu diingat bahwa tidak semua kecamatan akan membuka pendaftaran calon anggota Panwaslu kecamatan, namun hanya beberapa kecamatan saja yang dinilai masih membutuhkan Panwaslu kecamatan.

#panwaslu #pilkada2024 #bawaslu

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x