Kompas TV regional sumatra

Upaya Tingkatkan Produksi Bawang dan Cabe Merah Untuk Kendalikan Inflasi

Kompas.tv - 1 Mei 2024, 14:14 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH TENGAH, KOMPAS.TV - Upaya peningkatan produksi komoditi bawang dan cabe merah ini, dengan menambah cluster cluster produksi baru di seluruh Aceh. Upaya ini untuk menambah pasokan ke pasar. Selain mampu untuk menstabilkan harga, peningkatan produksi akan mensejahterakan para petani. Apalagi seperti cabe merah tidak butuh lahan yang luas untuk di tanam.

Melalui gerakan nasional pengendalian inflasi pangan, Bank Indonesia, tim pengendalian inflasi daerah, bersama pemerintah daerah dan stakeholder lain, mendorong pertumbuhan produksi cabe merah dan bawang merah karena tingkat konsumsi yang sangat tinggi.

Salah satu sentra produksi cabe merah dan bawang merah di Aceh yaitu Aceh Tengah. Didaerah ini, produksi dua komoditi ini terus digenjot produksinya melalui kerjasama kelompok tani binaan Bank Indonesia di Aceh. Seperti kelompok Tani Jaya Farmer di Desa Blangmancung Kecamatan Ketol. Ada 16 anggota yang memiliki lahan 16 hekter. Produksinya mencapai 1,5 ton per hektar.

Pasokan dua komoditi yang paling diminati ini ke pasar, di harapkan mampu menstabilkan harga serta mampu mengendalikan laju inflasi melalui gerakan nasional pengendalian inflasi pangan.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x