Kompas TV regional jawa tengah dan diy

LPKK Poltekkes Siapkan Peningkatan Kompetensi SDM Kesehatan

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 10:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Selain pemerataan tenaga kesehatan, peningkatan kompetensi SDM menjadi target prioritas dalam upaya peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. SDM kesehatan harus berkualifikasi dan berkompeten sesuai keahliannya.

Saat menghadiri pembinaan pegawai di kampus Poltekes Kemenkes Semarang, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Arianti Anaya mengungkapkan, tingginya angka kematian ibu dan anak menjadi salah satu keprihatinan di dunia kesehatan.

Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan kurangnya profesional tenaga kesehatan. Oleh karena itu dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas kesehatan, perlu adanya peningkatan kompentensi bagi SDM kesehatan.

Arianti Anaya menambahkan, keberadaan Lembaga Peningkatan Kompetensi Kesehatan (LPPK) Poltekkes Kemenkes Semarang diharapkan bisa menjadikan sumber daya manusia kesehatan lebih profesional, baik bagi calon tenaga kesehatan maupun sumber daya manusia kesehatan yang sudah bekerja, mereka dituntut mempunyai kecakapan dan keahlian lebih ke depannya.

LPKK Poltekes Kemenkes Semarang yang mendapat akreditasi A ini merupakan terbaik ketiga setelah Poltekkes Jambi dan Yogyakarta.

“Kita melakukan pelatihan terhadap tenaga-tenaga kesehatan dan medis di lapangan agar mampu memberikan pelayanan maksimal, maka dari itu dibutuhkan lembaga pelatihan yang terakreditasi. Sehingga kualitas pelatihan sesuai standar yang ditetapkan. Baik yang memberikan pelatihan dan peserta pelatihan terdata dengan baik,” tutur Arianti Anaya.

Sementara itu Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang, Jeffri Ardiyanto menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan SDM kesehatan sekaligus meningkatkan sarana LPKK untuk menjawab kepentingan pelatihan.

“Ternyata di area timur ini dan bahkan ada provinsi yang belum memiliki lembaga peningkatan kompetensi kesehatannya. Nah, inilah tugas yang diberikan Kementerian Kesehatan RI kepada Poltekes Kemenkes Semarang untuk mendampingi tenaga kesehatan terutama di daerah area timur tersebut,” ucap Jeffri Arfiyanto.

Dengan adanya tenaga kesehatan yang profesional dan berkompeten, diharapkan akan menghasilkan pula peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas .

#poltekkessemarang #tenagakesehatan #pelatihantenagakesehatan

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x