Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Skanufest, Festival Karya Teknologi Modern Siswa SMK

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 11:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Produk teknologi kreatif karya siswa SMK Nusaputera 1 Kota Semarang ini digelar dalam festival sekolah yang tertajuk Skanufest 2024 sebagai wadah siswa dalam menunjukan bakat dan kemampuannya sesuai jurusan Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia.

Salah satunya memamerkan produk tekonologi kekinian hasil karya siswa SMK Nusaputera 1 Kota Semarang seperti lampu tepuk, hand sanitizer otomatis, lampu jarak jauh, mobil sensor garis hitam, pintu rumah dengan kartu OSIS dan produk teknologi lainnya.

Karya teknologi siswa SMK Nusaputera 1 Kota Semarang ini tergolong unik, seperti lampu tepuk misalnya. Lampu ini akan menyala atau mati hanya dengan sensor suara tepuk tangan sehingga pemilik rumah tidak harus memencet saklar untuk menghidupkan lampu. Ada juga hand sanitizer otomatis, yang cara kerjanya cuma menjulurkan telapak tangan di bawah sensor sehingga akan keluar sendiri cairan hand sanitizer.

“Hasil dari tugas akhir anak kelas 12 ada pintu otomatis menggunakan radio frequency identification (RFID), lampu tepuk menggunakan sensor suara, hand sanitizer otomatis, mobil menggunakan sensor garis, mobil menggunakan bluetooth gawai, dan sensor yang mendeteksi api,” jelas Melinda Safitri, guru pembimbing.

Beberapa hasil karya dari siswa lainnya yang dipamerkan yakni mug, tas, gantungan kunci dan kaos bergambar apik dengan menggunakan teknologi. Ada pula bazar produk kuliner dan kreasi-kreasi siswa lainnya.

#smknusaputera1semarang #kotasemarang #teknologikreatif




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x