Kompas TV regional bali nusa tenggara

Geger Semburan Lumpur dalam Laut di Gili Trawangan, BKKPN Siap Turunkan Tim Investigasi

Kompas.tv - 4 Mei 2024, 19:00 WIB
geger-semburan-lumpur-dalam-laut-di-gili-trawangan-bkkpn-siap-turunkan-tim-investigasi
Tangkap layar semburan material serupa asap atau lumpur di dive site atau titik penyelaman Halik di perairan Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (1/5/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Sebuah rekaman video yang memperlihatkan semburan material serupa lumpur di dalam laut membuat geger masyarakat Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (4/5/2024).

Rekaman video yang beredar di media sosial itu memperlihatkan semburan deras material serupa lumpur atau asap kelabu di dalam laut, sementara dua orang penyelam tampak melintas di dekatnya. 

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun Kompas.tv, rekaman video itu diambil di dive site atau titik penyelaman Halik yang terletak di utara Gili Trawangan pada Rabu 1 Mei 2024 lalu.

Kompas.tv juga menerima kiriman materi berupa sejumlah video dan foto serupa yang disebut diambil di dive site Halik pada hari yang sama dari sumber tepercaya lain. 

Baca Juga: Meriah Pawai Takbiran di Gili Trawangan, Turis Prancis: di Negara Kami Tak Ada yang seperti Ini

Foto-foto dan rekaman video itu memperlihatkan semburan material serupa asap atau lumpur berwarna putih keabuan dari sebuah lubang atau diperkirakan pipa, hingga menutupi terumbu karang di wilayah itu. Diduga, semburan material serupa asap atau lumpur itu adalah limbah.

Tangkapan layar semburan material serupa asap atau lumpur kelabu di dalam laut di perairan Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (1/5/2024). (Sumber: Istimewa)

Merespons adanya semburan material yang diduga limbah di dalam laut itu, Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Wilayah Kerja Taman Wisata Perairan Gili Meno, Air, dan Trawangan (Wilker TWP Gili Matra) menyebut telah menerima laporan masyarakat terkait hal itu.

“Kami dapat laporan sebelum akhir bulan kemarin. Kami juga sudah terima sampel dari masyarakat,” ujar Koordinator BKKPN Kupang Wilker TWP Gili Matra Martanina saat dihubungi Kompas.tv, Sabtu (4/5/2024).

Endapan material serupa lumpur atau tanah liat tampak menutupi terumbu karang di dalam laut di perairan Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (1/5/2024). (Sumber: Istimewa)

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Ternyata Pernah Berlabuh di Gili Trawangan, Lombok dan Jadi Tontonan Warga




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x