Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nikmatnya Bakso Khas Temanggung, Cabai Diulek di Mangkuk

Kompas.tv - 6 Mei 2024, 11:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Jika biasanya makan bakso dengan sambal yang sudah tersedia, namun berbeda jika anda mampir ke kedai bakso di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Karena untuk merasakan sensasi pedas dalam semangkuk bakso, pengunjung harus menentukan dulu berapa cabai yang diinginkan kemudian diulek langsung di mangkuk bakso.

Tak lengkap rasanya jika makan bakso tidak dicampurkan dengan sambal yang pedas. Namun, pedasnya semangkuk bakso di Temanggung, Jawa Tengah, ini berasal dari sambal yang berbeda. Di sini, pengunjung harus memilih berapa banyak cabai rawit yang diinginkan, kemudian cabai tersebut diulek atau dihancurkan langsung di dalam mangkuk bakso sebelum disiram kuah.

Makan bakso yang berbeda ini memang merupakan ciri khas kedai bakso yang berada di Jalan Sudirman ini, karena warung bakso ini tidak menyediakan sambal siap saji di tiap meja.

Dengan cabai yang diulek langsung, mampu menciptakan rasa yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Kuahnya menjadi segar serta rasa dari pedasnya menjadi lebih terasa.

“Bakso lombok ulek ini tidak seperti bakso-bakso lain. Kalau yang lain itu ada bakmi, saos, sambel di meja-meja. Di sini, lombok diulek di mangkok dan tidak ada bakmi serta saus. Satu porsi mangkuk berisi ketupat, tahu, bakso, bawang, seledri, merica dan kecap khas Temanggung,” tutur Harsono, karyawan.

Menurut salah satu pembeli, Tika, menjadi pelanggan dari bakso lombok ulek karena rasa dari kuahnya istimewa.

“Memberikan sensasi tersendiri, segarnya dapat, bumbunya pas dan enak. Bedanya dengan bakso lain, lebih segar dan bumbunya terasa. Saya lumayan sering beli di sini,” ucap Tika, pembeli.

Yang berbeda lainnya di kedai bakso ini adalah, bakso tidak disajikan dengan mie atau bihun, melainkan diganti dengan ketupat dan irisan tahu goreng. Warung bakso yang telah ada sejak tahun 1970-an ini, memang memiliki resep turun-temurun hingga sekarang dikelola oleh generasi keempat.


Dalam sehari, kedai ini bisa menjual sebanyak 500 hingga 600 porsi bakso per hari dengan harga Rp 20.000 hingga Rp 35.000 per porsi.

#kuliner #baksolombokulek #temanggung
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x