Kompas TV regional jawa timur

Kereta Pandalungan Tabrak Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Logawa Jember-Purwokerto Terganggu

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 15:19 WIB
kereta-pandalungan-tabrak-mobil-di-pasuruan-perjalanan-ka-logawa-jember-purwokerto-terganggu
Tabrakan antara KA Pandalungan dengan mobil di Desa Pateguran, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024). (Sumber: Tribun Jatim/Galih Lintartika)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

PASURUAN, KOMPAS.TV - Kecelakaan antara kereta Api (KA) Pandalungan dan sebuah mobil di JPL 146 Kilometer 70+8/9, Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Selasa (7/5/2024) menyebabkan perjalanan kereta terganggu.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro yang mengatakan bahwa perjalanan kereta yang terdampak adalah KA Logawa dari Jember ke Purwokerto.

Perjalanan KA Pandalungan dari Jakarta ke Jember juga menjadi terganggu lantaran terdapat kerusakan pada lokomotif akibat tabrakan yang terjadi.

Baca Juga: Mobil Tertabrak Kereta di Pasuruan, 4 Orang Tewas

"Akibat dari tertempernya KA Pandalungan dari Jakarta tujuan Jember di Pasuruan membuat lokomotif KA Pandalungan mengalami kerusakan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan," kata Cahyo, Selasa (7/5/2024).

KAI Daop 9 Jember telah mengirimkan lokomotif penolong yang diberangkatkan dari Stasiun Jember untuk menggantikan lokomotif yang rusak.

Evakuasi mobil bernopol N 1475 WU dari jalur kereta api juga telah dilakukan dibantu oleh warga sekitar.

Atas kejadian ini, pihak KAI mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati ketika berada di perlintasan kereta api.

Ia juga mengingatkan masyarakat harus mendahulukan kereta api sesuai dengan Pasal 114 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Jangan menyelonong, pastikan aman sebelum melintasi rel kereta api dengan berhenti sejenak, tengok kanan dan kiri serta memastikan tidak ada kereta yang mendekat. Jangan gegabah, keluarga menunggu di rumah,” tutup Cahyo, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Rekaman Dashcam Detik-Detik Kecelakaan Bis Kuning UI dan Mobil SUV

Diberitakan sebelumnya, mobil yang berisi rombongan Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan ditabrak oleh KA Pandalungan, Selasa (7/5/2024) pagi sekitar pukul 09.15 WIB.

Sebanyak empat orang tewas, sedangkan tiga orang luka-luka dan telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Dr. R. Soedarsono, Purut, Kota Pasuruan.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x