Kompas TV regional bali nusa tenggara

Universitas Dwijendra Gelar Kuliah Umum Penegakan Hukum Lintas Batas Negara Bersama Kemenkumham

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 13:54 WIB
universitas-dwijendra-gelar-kuliah-umum-penegakan-hukum-lintas-batas-negara-bersama-kemenkumham
Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Cahyo Rahadian Muzhar, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Dwijendra Denpasar (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPASTV - Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Cahyo Rahadian Muzhar, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Dwijendra Denpasar (3/5/2024), yang bertajuk "Kerja Sama Penegakan Hukum Lintas Batas Negara, Melalui Mekanisme Mutual Legal Assistance (MLA) Dan Ekstradisi". Kuliah umum ini diberikan pada sela-sela kesibukannya memimpin Senior Law Officials’ Meeting Working Group On Asean Extradition Treaty, yang berlangsung di Bali.

Dalam kuliah umum tersebut, Cahyo Muzhar menyampaikan pentingnya kerja sama penegakan hukum lintas batas negara, untuk memerangi kejahatan transnasional. Menurutnya, mla dan ekstradisi merupakan instrumen penting, untuk memfasilitasi pertukaran informasi, bukti, dan tersangka antar negara.

Cahyo muzhar juga menjelaskan tentang peran indonesia dalam kerja sama penegakan hukum lintas batas negara. Indonesia telah menjadi anggota berbagai konvensi internasional tentang mla dan ekstradisi, serta aktif dalam berbagai forum regional dan internasional, untuk membahas isu-isu penegakan hukum lintas batas negara.

Ketua yayasan dwijendra denpasar, Dr I Nyoman Satia negara mengapresiasi kehadiran Dirjen A-H-U, Kemenkumham, untuk memberikan kuliah umum, kepada ratusan mahasiswa dwijendra yang berasal dari fakultas hukum. Menurutnya kuliah umum ini sangat penting, untuk memberikan informasi kepada mahasiswa tentang hukum internasional yang berlaku di asean, dan memberikan gambaran kepada siswa praktek hukum mla dan perjanjian ekstradisi asean.

(Sumber: Kompas TV Dewata)

Turut hadir dalam kesempatan tersebut direktur teknologi informasi direktorat jenderal ahu, kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, pengurus Yayasan Dwijendra, dan Dosen Universitas Dwijendra Denpasar. Kuliah umum ini merupakan bagian dari komitmen kemenkumham, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penegakan hukum. 

 

 

 

#Kemenkumham #UniversitasDwijendra #Kuliahumum




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x