Kompas TV regional jawa tengah dan diy

13 Orang di PHK Sepihak, Buruh Unjuk Rasa di Depan Pabrik

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 10:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 13 orang yang di PHK sepihak, membuat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) PT Kin Yip Bags and Hats Indonesia, menggelar unjuk rasa.

Dengan membawa poster bertuliskan sejumlah tuntutan, puluhan pekerja yang tergabung dalam KSPSI PT Kin Yip Bags and Hats Indonesia, menggelar unjuk rasa di depan pabrik tempat mereka bekerja .

Ketua KSPSI PT Kin Yip Bags and Hats Indonesia, Fendy Ismawan menegaskan para buruh ini menuntut  agar 13 pekerja yang di PHK agar di pekerjakan kembali. Ke 13 pekerja ini adalah ketua dan pengurus serta anggota KSPSI PT Kin Yip Bags and Hats Indonesia. Menurutnya, PHK yang dilakukan perusahaan adalah sepihak tanpa alasan jelas .

Pada kesempatan itu para buruh juga menyatakan penolakan adanya dugaan pemberangusan serikat pekerja dan buruh meminta perusahaan agar segera membuat pngumuman secara tertulis, jika perusahaaan tidak tutup dan tidak relokasi.

“Kami menuntut agar ketua dan pengurus serta anggota KSPSI PT Kin Yip Bags and Hats Indonesia, sebanyak 13 karyawan dipekerjakan kembali. Kedua, menolak adanya dugaan pemberangusan serikat pekerja. Kami juga menuntut perusahaan agar segera membuat pengumuman tertulis bahwa perusahaan tidak ditutup dan direlokasi,” tutur Fendy Ismawan.

Aksi unjuk rasa buruh berlangsung aman dan mendapat pengamanan ketat dari pihak kepolisian setempat.

#unjukrasa #kinyipsemarang #buruh #phk


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x