Kompas TV regional berita daerah

Hiu Paus di Objek Wisata Botubarani Hilang Usai Kemunculan Kawanan Paus Orca

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 16:31 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Setelah bertahun tahun tidak menampakan wujud di perairan Gorontalo, kini Paus Orca kembali terlihat di sekitar Perairan Olele dan Botubarani.

Kemunculan kawanan Paus Orca di perairan Gorontalo itu pun berhasil rekam oleh seorang nelayan di Olele.

Dalam video, terlihat sebanyak 2 ekor Paus Orca yang tengah asik melintasi perairan Olele, kemunculan kawanan Paus Orca itu pertama kali terlihat pada Jumat, 24 Mei 2024.

Kemunculan Paus Orca di wilayah perairan Olele dan Botubarani, mengakibatkan 3 ekor Hiu Paus yang berada di Objek Wisata Hiu Paus Botubarani Bone Bolango, menjauh dan menghilang dari lokasi objek wisata.

Menurut tim monitoring Iman Tilahunga, Hiu Paus menghilang dan menjauh karena merasa terancam dengan kehadiran kawanan Paus Orca yang juga sebagai pemegang rantai makanan teratas di lautan.

Hilangnya hiu paus dari objek wisata memberikan dampak besar bagi objek wisata hiu paus di Botubarani Kabupaten Bone Bolango.  Selain sepi pengunjung, sejumlah pemilik perahu yang sehari hari menjadi pemandu bagi wisatawan dan pedagang dilokasi wisata  kini tak lagi memperoleh penghasilan.

Baca Juga: Soal Polemik Tapera, Cak Imin Sebut DPR Bakal Panggil BP Tapera, Buruh dan Pemerintah

Tak hanya itu, sejumlah wisatawan yang terlanjur berkunjung kelokasi juga menyatakan kekecewaannya lantaran tidak bisa melihat langsung hiu paus.

Fenomena menghilangnya hiu paus dan kemunculan paus orca di Perairan Gorontalo bukan lah yang pertama kali, dimana laut selatan Gorontalo telah menjadi alur migrasi dari paus orca.

Hiu Paus yang kini telah menjadi ikon pariwisata Gorontalo itu pun diperkirakan akan kembali dalam beberapa hari kedepan, setelah keberadaan paus orca mulai menjauhi perairan Gorontalo khususnya Perairan Olele dan Botubarani.

 

#hiupaus

#pausorca

#WisataHiuPausGorontalo

#Botubarani

#Gorontalo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x