Kompas TV regional papua maluku

Menkopolhukam Minta KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Empat DOB

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 18:16 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kementerian Koordinasi Politik Hukum dan Ham gelar rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 di Wilayah Papua, Rabu (29/05/2024).

Rapat yang dipimpin Menko Polhukam RI, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto ini dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian, ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, enam penjabat gubernur, ketua KPU dan ketua Bawaslu Se-Papua serta pimpinan TNI-Polri.

Dalam arahannya, menkopolhukam minta aparat gabungan TNI-Polri untuk mewaspadai gangguan keamanan yang dapat mengganggu tahapan pilkada di Papua, serta meminta aparat tetap bekerja profesional dan menjaga netralitas dengan tidak mendukung salah satu pasangan calon dalam pilkada 2024.

KPU dan Bawaslu juga diminta mulai mensosialisasikan tahapan penyelenggaraan pilkada kepada masyarakat di Papua, pasalnya saat ini terdapat empat daerah otonomi baru di Papua yang akan mengikuti pemilihan gubernur untuk pertama kalinya.

KPU diminta mensosialisasikan tahapan pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih khususnya di empat daerah otonomi baru, yakni Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Disamping itu, penyelenggara pilkada diminta menjaga netralitas karena salah satu masalah utama munculnya konflik di Papua adalah keterlibatan penyelenggara dengan mendukung calon tertentu.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x