Kompas TV regional sulawesi

Pecinta kamera antik di Makassar, Hadirkan Kamera Tua Hingga Berusia 130 Tahun

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 14:03 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pecinta kamera antik di Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar pameran kamera dan video lawas. Pameran ini menghadirkan beragam jenis kamera tua hingga ada yang berusai lebih dari 100 tahun.

Kamera ini merupakan bagian dari wisata masa lalu yang dipamerkan di Taman Nipah Mal Makassar. Yashica 635, kamera buatan Jepang tahun 1950-an ini, masih utuh. Lensa dan body kamera masih terlihat baik meski tak bisa lagi di gunakan. Tak hanya yashica 635, puluhan kamera masa lalu juga dipamerkan. Mulai dari kamera poket, hingga kamera studio. Kamera yang dipamerkan merupakan koleksi pribadi Ansar Mulkin Bas.

Pecinta kamera antik ini mulai berburu kamera masa lalu sejak beberapa tahun terakhir. Kecintaannya pada fotografi tak hanya di tuangkan dalam hasil foto. Ansar juga mengumpulkan kamera - kamera tua dari fotografer di Kota Makassar. Kamera tertua yang menjadi koleksinya adalah kamera studio buatan belanda yang berusia 130 tahun. Ada juga kamera large format studio buatan Jepang tahun 1950. Sebagian besar kamera koleksinya masih berfungsi, meski untuk mencetak hasil foto terkendala bahan pencetakan yang kini sulit didapat.

Pameran ini juga menampilkan foto-foto masa lalu Kota Makassar. Sejumlah foto menunjukkan sudut-sudut Kota Makassar di masa lalu seperti Lapangan Karebosi, Pelabuhan Paotere, Serta Ikon Kota Makassar Pantai Losari.

#kameralawas

#pameran

#ansarmulkinbas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x