Kompas TV regional jawa barat

Sebut Pegi Berada di Bandung Saat Vina Dibunuh, Ibnu: Sumpah, Kami Makan Bareng, Habis Itu Tidur

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 14:28 WIB
sebut-pegi-berada-di-bandung-saat-vina-dibunuh-ibnu-sumpah-kami-makan-bareng-habis-itu-tidur
Pegi Setiawan alias Pegi Perong, tersangka pembunuhan Vina dan pacarnya, Eki yang sempat menjadi buron selama 8 tahun dan baru ditangkap di Bandung, Jawa Barat pada Selasa (21/5/2024). (Sumber: Dok. Polda Jabar via Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

CIREBON, KOMPAS.TV - Ibnu Sandi, rekan kerja dari tersangka kasus pembunuh Vina dan Eki, Pegi Setiawan alias Pegi Perong, bersaksi bahwa Pegi berada di Bandung saat peristiwa pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon pada 2016 lalu terjadi.

Ibnu pun bersumpah bahwa Pegi bukanlah pelaku pembunuhan Vina dan Eki karena saat mereka dibunuh pada 27 Agustus 2016, rekannya tengah bekerja di Bandung.

“Berani sumpah. Saya berani karena Pegi memang ada di Bandung,” kata Ibnu, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga: Rekonstruksi Pembunuhan Vina Digelar Pekan Depan, Kuasa Hukum Pegi Belum Dapat Info

Ia lantas bercerita bahwa Pegi datang ke Bandung pada awal Agustus 2016. Kala itu, mereka bekerja di rumah seseorang bernama Agus di Rancamanyar, Kabupaten Bandung.

“Saya datang ke Bandung, Pegi sudah ada duluan. Kita kerja bangun rumah Pak Agus di Rancamanyar,” ungkap Ibnu, seperti dikutip dari Tribunnews.

Selama pembangunan rumah, buruh bangunan, termasuk Pegi, tidur di sebuah bedeng yang didirikan di lokasi proyek.

Ibnu bilang, Pegi tak pernah pulang ke Cirebon selama bekerja. Pria itu hanya mengirimkan uang ke ibunya yang berada di Cirebon dengan cara dititipkan ke temannya yang pulang.

Saat peristiwa pembunuhan Vina terjadi, Ibnu sempat mengantar rekannya yang lain, yakni Suharsono alias Bondol, ke jalan raya untuk pulang ke Cirebon.

Setelah mengantar Suharsono, ia kembali ke bedeng dan sempat makan sate bersama Pegi.

“Habis nganter kemudian kita pulang ke bedeng lagi. Malamnya Pegi beli sate, saya beli warteg, Kita makan bareng-bareng di bedeng, habis itu tidur,” ucapnya.

Hari ini, Ibnu bersama kedua temannya, yakni Suharsono dan Suparman diperiksa sebagai saksi di Polda Jawa Barat.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Vina Cirebon, 3 Teman Kerja Pegi Setiawan Diperiksa Polda Jabar Hari Ini

Kuasa hukum mereka, Toni RM, membenarkan bahwa Suharsono sempat pulang ke Cirebon pada malam pembunuhan Vina dan Eki, 27 Agustus 2016, dan melihat ada kecelakaan di jembatan Talun.

“Bondol ingat saat pulang itu, di jembatan layang Talun ada kejadian kecelakaan, tapi ternyata besoknya dapat info pembunuhan,” ucap Toni, Kamis.


Kemudian, Suparman merupakan salah satu saksi yang disiapkan kuasa hukum Pegi untuk bersaksi bahwa Pegi berada di Bandung saat Vina dan Eki dibunuh.

Menurut kesaksian Suparman, ia sempat bangun pada jam 12 malam tanggal 27 Agustus 2016 dan melihat Pegi tidur di dekat pintu.



Sumber : Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x