Kompas TV regional jawa timur

Keren! Kala Siswa SDN Purwantoro Produksi Film dan Tayangkan Karya di Bioskop Mini

Kompas.tv - 1 Juni 2024, 23:33 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Untuk mengajarkan kewirausahaan bagi siswa, Sekolah Dasar di Malang membuat bioskop mini.

SD Negeri Purwantoro 2 Kota Malang ini mempunyai cara unik untuk mengenalkan kewirausahaan pada siswa. Tak hanya sekadar belajar berjualan, tapi siswa diajak membuat bioskop mini dengan menempati sebuah ruang kelas.

Seperti layaknya bioskop, sebuah proyektor dan layar terdapat di dalamnya. Uniknya, film berjudul apakah ini teman yang diputar adalah karya siswa Kelas V B. sutradara, pemeran, hingga kamerawan adalah siswa sendiri. Sang sutradara Ria Nur Miati menceritakan bahwa film yang ia buat bersama teman temanya bercerita tentang perundungan di sekolah.

"Ceritanya itu ada seorang anak yang tidak mempunyai teman, dijauhi sama temannya tapi anak yang dibully itu menganggap semua temannya," Kata Ria

Daffa salah satu siswa yang menonton film ini mengaku ada pelajaran yang ia dapat setelah menonton film ini yakni tidak melakukan perundungan pada teman.

Sementara itu, Rudita Anes Candra, Wali Kelas V B menjelaskan dalam kegiatan ini selain kampanye anti perundungan, siswa juga diajarkan tentang berwirausaha karena siswa yang menonton harus membeli tiket sebesar Rp 2.000. Selain itu, siswa juga berjualan popcorn dan minuman sebagai camilan selama menonton film.

Kenapa tidak kalo kewirausahaan itu dengan bisnis bioskop, dari situ saya ajak diskusi anak anak, kemudian mereka menyambut baik," Terang Rudita, Wali Kelas V B.

Meski sederhana, namun melalui kegiatan ini, diharapkan siswa bisa mengambil pelajaran kewirausahaan dan anti perundungan dengan cara yang menyenangkan.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x