Kompas TV regional berita daerah
advertorial

PLN Gelar Employee Green Involvement di Sungai Kelekar

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 19:13 WIB
pln-gelar-employee-green-involvement-di-sungai-kelekar
Pegawai PLN saat melakukan aksi pembersihan Sungai Kelekar di Jl. Gotong Royong, Kelurahan Karang Raja, Prabumulih, Sumatera Selatan. (Sumber: Humas PLN UID S2JB)
Penulis : KompasTV Palembang

PRABUMULIH, KOMPAS.TV - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional, sejumlah pegawai PLN melaksanakan kegiatan Employee Green Involvement melalui aksi pembersihan Sungai Kelekar di Jl. Gotong Royong, Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Di momen peringatan hari lingkungan hidup ini, para penggiat lingkungan PLN mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan sembari merenungkan kembali betapa pentingnya peran seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan yang telah direncanakan sejak bulan lalu ini, melibatkan sebanyak 400 orang yang terdiri dari pegawai PLN, pemda setempat, komunitas pecinta lingkungan serta masyarakat sekitar.

“Hari ini menjadi momen bagi kita semua untuk merenungkan kembali betapa pentingnya peran kita dalam menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai bagian dari komitmen PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) terhadap keberlanjutan lingkungan, kami ingin memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” ungkap Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ogan Ilir, Arif Azzany.

Tidak hanya melakukan aksi pembersihan sungai, PLN UID S2JB melalui UP3 Ogan Ilir juga memberikan bantuan berupa Mesin Rumput Listrik sebanyak 4 unit, Kotak Sampah sebanyak 4 unit, serta spot foto tepat di pesisir sungai, kepada Kelurahan Karang Raja melalui Bank Sampah Prabumulih. Bantuan ini diharapkan dapat mendukung upaya Bank Sampah Prabumulih yang merupakan Mitra Binaan PLN UID S2JB dalam mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Sampah yang dihasilkan dari aksi ini akan langsung diolah oleh Bank Sampah Prabumulih untuk didaur ulang menjadi produk yang lebih bermanfaat.

PJ Sekda Kota Prabumulih, Drs. Aris Priadi, SH, MSi, mengatakan ucapan terima kasih kepada PLN UID S2JB yang sampai saat ini masih terus berkomitmen untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan khususnya di Kota Prabumulih.

“Tidak banyak perusahaan yang bisa peduli terhadap kebersihan lingkungan, untuk itu kami dukung Program yang dilaksanakan oleh PLN ini agar bisa mewujudkan Prabumulih yang bersih dan Asri sehingga tempat ini dapat menjadi tempat yang nyaman untuk masyarakat,” kata Aris dalam sambutannya.

Secara terpisah, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, mengatakan aksi serupa dilaksanakan PLN secara nasional di berbagai wilayah kerja. Ia mengatakan, program yang dilaksanakan PLN UID S2JB merupakan komitmen PLN dalam aspek lingkungan, tidak hanya untuk membuat lingkungan lebih bersih dan asri, tetapi juga untuk memberi nilai tambah bagi limbah melalui kegiatan pengolahan sampah menjadi produk yang memiliki nilai guna.

“Aksi ini dilaksanakan PLN dalam skala nasional. Namun, di PLN UID S2JB, kita tidak hanya melakukan pembersihan lingkungan, tetapi lebih dari itu memastikan bahwa limbah atau sampah yang terkumpul bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai guna. Kami sangat bangga dengan hadirnya Bank Sampah Prabumulih disini yang bisa melakukan pengolahan sampah. Mereka telah berhasil mengolah sampah menjadi produk-produk seperti kerajinan, sabun ramah lingkungan, detergen, ecoenzyme, dan lain sebagainya,” terang Adhi.

Dari kegiatan Employee Green Involvement ini, sebanyak 5 Ton sampah berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke Bank Sampah Prabumulih untuk diolah lebih lanjut.



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x