Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bersih-Bersih Sampah Pantai di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 10:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Mangunharjo, Kota Semarang ini diikuti ratusan pecinta lingkungan yang diinisiasi PT PLN Indonesia Power dengan mengambil tema Green Employee Involvement.

Dengan membawa karung, ratusan pecinta lingkungan termasuk masyarakat sekitar Mangunharjo menyisir sembari memungut sampah yang berserakan di sepanjang pantai. Mereka bertugas secara berkelompok untuk membersihkan sampah baik sampah anorganik, organik dan sampah residu.

"Kita membersihkan pantai berjarak 1.500 meter, dan menanam pohon mangrove sebanyak 100 pohon," imbuh Ubaidillah, Manager Administrasi PT Indonesia Power. 

Sementara itu, Kepala Bagian Pengendalian Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah Nur Hadi menegaskan aksi bersih pantai ini melibatkan masyarakat sekitar agar mereka bisa menjaga, dan bertanggung jawab serta menambah kesadaran warga akan kebersihan pantai.

"Selama ini yang menjadi permasalahan kita semua adalah sampah, terutama dari segi pengelolaan masih banyak kendala. Salah satunya karena kurangnya fasilitas, juga kurangnya kesadaran masyarakat. Dengan adanya aksi ini diharapkan menjadi pola masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan," ujar Nur Hadi. 

Setelah ditimbang hasil sampah yang berhasil dipungut, kemudian dipilah-pilah untuk diolah kembali seperti pupuk, biji plastik, atau barang berguna lainnya. Selain bersih-bersih sampah, sebelumnya secara simbolis para pecinta lingkungan ini menanam tumbuhan, baik pohon cemara maupun mangrove mencegah abrasi pantai.

#pantaimangunharjo #ptindonesiapower #sampah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x