Kompas TV regional sulawesi

Tolak Digusur, Warga Tuding Pertamina Serobot Lahan Warga

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 18:11 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Ratusan warga kelurahan Ujung Tanah, Kecamatan Ujung Tanah Makassar mendatangi kantor walikota Makassar dan DPRD kota Makassar. Warga menyampaikan aspirasinya dihadapan anggota dewan menolak upaya pertamina yang dinilai menyerobot lahan warga.

Depo pertamina TBBM Makassar yang menyewa lahan diwilayah pemukiman warga mendirikan tembok di pemukiman warga dan memajukan buffer zone atau zona aman yang akhirnya mengusir warga dari tanah yang di diami sejak puluhan tahun silam.

Menurut lukmanulhakim  jendral lapangan koalisi masyarakat adat ujung tanah mengungkapkan bahwa Kehadiran depo Pertamina Terminal bahan bakar minyak Makassar di tengah pemukiman warga dinilai sangat meresahkan, mulai dari bau gas yang merebah ke pemukiman warga, pulusi akibat mobil tangki Pertamina, limbah minyak di got warga hingga mencemari sumur warga adalah bentuk pelanggaran yang selama ini terjadi di wilayah jl Muhammad Hatta kelurahan ujung tanah Makassar.

“Dalam artian Pertamina semula sebagai pihak penyewa lahan milik warga, tanpa surat sah menduduki pemukiman warga, mengambil titik awal zona aman yang keliru dari pagar kedua hingga ke samping tembok jalur masuk mobil tangki Pertamina. Sementara titik aman sebenarnya telah ada dibagian pagar dalam setelah tangki hingga tembok terluar” ungkap lukman.

Warga juga menyampaikan surat pemberitahuan pemerintah dinilai cacat administrasi karena nomor suratnya sama dan tanpa alas hak yang kuat.

Rul, salah satu warga yang warungnya akan di bongkar pemerintah mengungkapkan, Pertamina semula sebagai pihak penyewa lahan milik warga, tanpa surat sah menduduki pemukiman warga, mengambil titik awal zona aman yang keliru dari pagar kedua hingga ke samping tembok jalur masuk mobil tangki Pertamina. Sementara titik aman sebenarnya telah ada dibagian pagar dalam setelah tangki hingga tembok terluar.

“Kehadiran depo Pertamina Terminal bahan bakar minyak Makassar di tengah pemukiman warga dinilai sangat meresahkan, mulai dari bau gas yang merebah ke pemukiman warga, pulusi akibat mobil tangki Pertamina, limbah minyak di got warga hingga mencemari sumur warga adalah bentuk pelanggaran yang selama ini terjadi di wilayah jl Muhammad Hatta kelurahan ujung tanah Makassar”, Ungkap Rul.

pihak depo Pertamina dinilai keliru mengambil titik awal buffer zone atau zona aman yang sengaja mengambil area warga.


#masyarakatadat
#depopertamina
#penyerobotanlahan
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x