Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kirab Budaya Pancasila, Upaya Menjaga Keutuhan NKRI

Kompas.tv - 7 Juni 2024, 16:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PATI, KOMPAS.TV - Warga Desa Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar kirab budaya Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-79 dengan menampilkan berbagai atraksi kesenian dan budaya.

Kirab dimulai dari Taman Pancasila kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan menuju gedung serba guna dengan menempuh jarak kurang lebih 500 meter, sesampai di lokasi masyarakat di suguhi tampilan kesenian barongan, pameran keris dan aneka karya UMKM warga desa setempat seperti batik eco-print.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat dan mempromosikan kerukunan antar umat beragama di Desa Gabus, sebagai wujud menjaga nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“Harapannya untuk kedepan adalah ekonomi masyarakat, UMKM masyarakat, kerukunan masyarakat dan semangat nasionalisme masyarakat terus bertumbuh. Kami warga Gambus ini paling tidak berkontribusi terhadap negara kita,” tutur Widi Widada, penggerak Desa Pancasila dan Wisata Sekapulir.

Selain dikenal sebagai Desa Pancasila, Desa Gabus juga ditunjuk sebagai Desa Wisata Sekapulir, yang merupakan kepanjangan dari seni budaya, ekonomi kreatif, kesenian, agama, pendidikan, UMKM dan lintas Indonesia Raya, oleh Pemerintah Kabupaten Pati.

#kirabbudaya #pati #pancasila



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x